Sukses

Cari Tahu 5 Manfaat Kesehatan dari Kol Ungu

Tak banyak yang tidak tahu kalau kol ungu memiliki banyak manfaat bagi kesehatan

Liputan6.com, Jakarta Tak banyak yang tidak tahu kalau kol ungu memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Misalnya saja mengandung vitaminC dan K dan memiliki zat anti inflamasi. Selain itu, warnanya yang menarik itu mengandung polifenol antosianin (antioksidan) yang lebih baik ketimbang kol putih sehingga baik untuk kesehatan kulit.

Beberapa penelitian juga menunjukkan, anthocyanin ini dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung, diabetes dan beberapa jenis kanker. Tak cukup sampai disitu, masih ada manfaat lain dari kol ungu. Simak ulasannya, seperti dikutip Care2, Senin (8/6/2015) berikut ini:

1. Diet

Kol ungu hanya mengandung 33 kalori. Disamping itu, sayuran ini juga tinggi serat sehingga cocok bagi Anda yang sedang diet.

2. Makanan otak

Karena tinggi vitamin K dan antosianin, ko ungu juga disebut bermanfaat bagi kesehatan mental dan meningkatkan konsentrasi. Sayuran ini juga dapat mencegah kerusakan saraf, menurunkan risiko Alzheimer dan demensia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bantu Detoksifikasi



3. Membantu detoksifikasi tubuh

Kandungan vitamin C yang tinggi membuat sayuran ini mampu menghilangkan racun (radikal bebas dan asam urat).

4. Mencegah kanker

Kandungan lupeol, sinigrin dan sulforaphane pada kol ungu diklaim dapat merangsang aktivitas enzim dan menghambat pertumbuhan kanker. Sebuah studi pernah menemukan, terjadinya penurunan kasus kanker payudara ketika sayuran ini rutin dikonsumsi sejumlah wanita.

5. Meringankan sakit kepala

Kompres daun kol ungu dapat membantu meringankan sakit kepala. Caranya mudah, hancurkan daun kubis, simpan di kain, dan terapkan di dahi. Minum jus kol ungu setiap hari, juga membantu meringankan sakit kepala.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini