Sukses

Kepribadian Anda Berdasarkan Status Facebook

Status pengguna Facebook yang beragam membuat sekelompok peneliti di Inggris melakukan penelitian terkait kepribadian penggunanya.

Liputan6.com, Jakarta Status pengguna Facebook yang beragam membuat sekelompok peneliti di Inggris mempelajari apakah tipe kepribadian seseorang mungkin berubah melalui penggunaan media sosial. Tapi, jangan gusar jika Anda lantas merasa kurang nyaman membaca hasil temuan para peneliti tersebut, ya.

Para peneliti mengumpulkan lebih dari 550 orang dan mengelompokkan mereka dalam "lima besar" kelompok kepribadian: extraversion (orang-orang yang cenderung fokus pada dunia luar), neuroticism (memiliki rasa percaya diri rendah), terbuka terhadap pengalaman baru, agreeableness (berkeyakinan positif dan menghargai nilai-nilai yang dijunjung orang lain), ketelitian, dan bagaimana kelima hal tersebut memengaruhi kepribadian mereka di Facebook, dilansir dari smh.com, Jumat (5/6/2015).

Hasil penelitian yang dimuat dalam jurnal Personality and Individual Differences ini membuktikan bahwa sesungguhnya kita tak lebih dari sekelompok individu insecure yang haus perhatian.

"Kesadaran yang lebih besar tentang bagaimana status seseorang bisa berdampak bagi teman-teman mereka bisa membantu orang menghindari topik yang menyebalkan ketimbang yang menyenangkan," tulis Tara Marshall dan rekannya dari Brunel University tentang penelitian tersebut. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jadi apa yang diungkap oleh status Facebook Anda tentang Anda?

Jadi apa yang diungkap oleh status Facebook Anda tentang Anda?

Status tentang orang-orang tersayang

Anda mungkin berpikir bahwa Anda penuh kasih sayang, tapi tim peneliti menemukan banyak menulis status tentang pasangan dikaitkan dengan rasa percaya diri yang rendah.

 “Mengingat orang dengan kepercayaan diri rendah cenderung sangat ketakutan akan kehilangan pasangan mereka, dan saat merasa tidak aman biasanya mereka membagi informasi seputar hubungan di Facebook. Sangat beralasan bahwa orang dengan kepercayaan diri rendah saat merasa terancam akan membarui status tentang pasangan mereka sebagai cara untuk mengukuhkan hubungan,” kata peneliti.

3 dari 4 halaman

Tentang Makanan

Status tentang makanan yang dimakan dan rutinitas kebugaran Anda

Kemungkinannya Anda adalah seorang narsis, senang pamer, dan sombong. Ouh! Para peneliti menemukan, tipe kepribadian narsis menggunakan Facebook untuk mendapat pengakuan, dan menambahkan bahwa mereka, “biasanya menyebarkan kebiasaan diet dan olahraga untuk menunjukkan betapa pentingnya penampilan fisik bagi mereka.”

Status tentang informasi kejadian di dunia

Anda bisa bernapas lega. Studi membuktikan mengunggah banyak artikel tentang topik intelektual dikaitkan dengan keterbukaan yang sangat tinggi. Artinya Anda cenderung kreatif, cerdas, dan memiliki rasa ingin tahu yang baik.

 “Orang-orang yang sangat terbuka biasanya menulis status tentang acara-acara yang tengah berlangsung, (hasil) penelitian, atau pandangan politik yang tujuannya berbagi informasi umum dibandingkan untuk bersosialisasi,” cetus para peneliti.

4 dari 4 halaman

Tentang Anak

Status tentang anak Anda

Menurut studi, kemungkinannya Anda lebih teliti dibandingkan orang lain. Meski demikian, kecenderungan ini juga memiliki sisi buruk.

“Orang-orang yang teliti biasanya membarui status tentang anak-anaknya dengan tujuan lain selain berkomunikasi dengan teman-teman mereka,” kata peneliti. “Mungkin pembaruan status itu secara tak langsung mencerminkan cara mengasuh anak yang kompetitif.”

Para peneliti juga menemukan faktor apa yang membuat status Facebook seseorang mendapat banyak `like` dan komentar. 

“Narsisme ketimbang rasa percaya diri yang tercermin dalam status seseorang ternyata mendapat jumlah `like` dan komentar lebih banyak,” kata para peneliti. Sementara mereka yang mengunggah informasi tentang kejadian di dunia cenderung mendapat sedikit perhatian dari teman-teman mereka.

Sebaliknya, posting tentang prestasi atau pencapaian, kegiatan sosial dan kehidupan sehari-hari justru paling banyak mendapat `like` dan komentar.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.