Sukses

Penyakit dan Kepribadian Berdasarkan Golongan Darah (I)

Ada banyak penelitian tentang bagaimana golongan darah menunjukkan pola kesehatan seseorang.

Liputan6.com, Jakarta Masyarakat Jepang percaya bahwa golongan darah juga bisa mencerminkan kepribadian pemiliknya. Hal ini didukung oleh tulisan Profesor Tokeji Furukawa yang diterbitkan pada 1930 tentang tipe golongan darah dan kepribadian. Sejak saat itu pengkategorian berdasarkan golongan darah atau `ketsueki-gata` semakin menjadi bagian dari budaya Jepang. Tidak beda dengan prediksi horoskop berdasarkan astrologi, televisi dan koran-koran di Jepang juga menawarkan horoskop berdasarkan golongan darah. 

Buku-buku yang membahas keterkaitan antara golongan darah dengan kepribadian seseorang juga laris manis. Bahkan ada makcomblang yang khusus mencarikan calon pasangan berdasarkan tipe golongan darah. Meski begitu, sama seperti astrologi, korelasi antara golongan darah dan kepribadian tetap belum terbukti secara ilmiah. 

Sebaliknya, ada banyak penelitian tentang bagaimana golongan darah menunjukkan pola kesehatan seseorang. Diduga masing-masing golongan darah tersebut bisa melindungi kita dari penyakit yang berbeda-beda karena peneliti telah menemukan keterkaitan antara tipe golongan darah dengan penyakit sejak pertengahan abad ke-20. 

Berikut tipe golongan darah dan kecenderungan penyakit yang diderita oleh pemiliknya seperti dilansir dari mnn.com, Jumat (5/5/2015)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Golongan darah A

Jika Anda memiliki Golongan Darah A

Tipe A hanya memiliki antigen A dalam sel darah merah dan antibody B dalam plasma. Jika Anda memiliki tipe darah A, Anda bisa mendonorkan darah pada tipe A dan AB. 

Susunan antigen seseorang pada sel darah merah dapat menentukan berapa banyak hormon tertentu bisa dikeluarkan. Jika Anda memiliki tipe darah A , kemungkinan Anda memiliki hormon stres kortisol tinggi di tubuh Anda. Ada beberapa risiko kesehatan yang berhubungan dengan golongan darah A, misalnya saja golongan ini 20 persen lebih berisiko terkena kanker lambung dibandingkan tipe O dan B, dan 5 persen lebih tinggi mengidap penyakit jantung daripada mereka yang bergolongan darah O.

Jadi, jika Anda memiliki darah tipe A, Anda memiliki risiko tinggi terkena beberapa tipe kanker seperti kanker pankreas dan leukemia. Menurut BBC, Anda juga cenderung mudah terinfeksi cacar dan malaria parah. Tapi tenang saja, studi mengatakan nyamuk jarang tertarik dengan golongan darah A. 

Menurut ketsueki-gata, golongan darah A memiliki beberapa kecenderungan sifat, misalnya kreatif, bersungguh-sungguh, bijaksana, pendiam, sabar dan bertanggungjawab. 

3 dari 3 halaman

Golongand darah B

Jika Anda memiliki golongan darah B

Golongan darah B hanya mempunyai antigen B dalam sel darah mereka dan antibodi A dalam plasma. Dengan demikian Anda hanya bisa mendonorkan darah untuk golongan darah B dan AB. 

Golongan darah B berisiko 11 persen lebih tinggi mengidap penyakit lever dibandingkan golongan darah O. Sebuah studi di Harvard University menunjukkan bahwa wanita dengan golongan darah AB atau B lebih berisiko terkena kanker rahim. Tapi jangan dulu khawatir karena mereka yang bergolongan darah B memiliki hingga 50.000 kali jumlah bakteri baik dibandingkan orang dengan tipe A atau O yang artinya ini adalah keuntungan bagi Anda. 

Lalu bagaimana dengan ketsueki-gata golongan darah B? Anda bisa berbangga hati dengan minat, pembawaan aktif, kreativitas, dan kekuatan yang Anda punya. Tapi di sisi lain Anda juga cenderung suka menang sendiri, tak bertanggungjawab, tak menentu, dan sulit untuk memaafkan. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.