Sukses

Studi: Susah Tidur Bikin Gemuk

Sebuah penelitian yang dilakukan University of Nebraska-Lincoln menemukan, kebiasaan susah tidur bisa bikin kegemukan.

Liputan6.com, Jakarta Sebuah penelitian yang dilakukan University of Nebraska-Lincoln menemukan, kebiasaan susah tidur bisa menyebabkan kegemukan. Menurut peneliti Alyssa Lundahl dan Timothy D. Nelson, saat tidur terganggu, maka hormon yang mengendalikan nafsu makan akan memengaruhi stres dan keinginan untuk makan lebih banyak.

"Memahami mekanisme yang menghubungkan pola tidur dengan peningkatan asupan makanan sangat penting untuk mengetahui kondisi kesehatan kronis. Kita ketahui, makan berlebihan akan menyebabkan obesitas, diabetes dan penyakit jantung," kata Nelson, seperti dikutip Zeenews, Kamis (4/6/2015).

Semua faktor ini, kata peneliti, memengaruhi jumlah makanan yang akan konsumsi sehari-hari. Karena keinginan makan biasanya didorong oleh faktor biologis, emosional, kognitif dan lingkungan.

"Siklus tidur yang terganggu bisa menyebabkan masalah kesehatan kronis dalam jangka panjang pada orang dewasa dan anak-anak," tegas kedua peneliti.

Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Health Psychology ini mengingatkan semua orang untuk menyadari kondisi tertentu, termasuk penyebab kegemukan apabila kurang tidur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.