Sukses

Sebaiknya Para Ibu Tak Saling Mengomentari 6 Hal Ini

Berikut enam hal tentang cara mengasuh anak yang sebaiknya tidak dicampuri oleh para ibu kepada ibu lainnya.

Liputan6.com, Jakarta Masukan dan penilaian orang sangat bermanfaat untuk hidup kita. Namun seringkali kita menemukan orang yang terlalu ikut campur, misalnya dalam masalah merawat anak. Bahkan kadang disertai sikap menghakimi yang terasa mengesalkan. Sebagian dari para ibu cenderung untuk merasa risih dengan cara orang lain mengurus anak mereka, meskipun yang dilakukan mereka tidak berbahaya, hanya berbeda. 

Keluhan soal sikap ikut campur ini dikemukakan Wendy Tuohy, seorang penulis yang juga ibu tiga anak, pada Dailytelegraph, dilansir Kamis (4/6/2015). Berikut enam hal yang menurutnya tidak boleh dicampuri oleh para ibu kepada ibu lainnya. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1 - 2

1. Berat badan ketika hamil

Selalu ada yang berkomentar soal berat badan ibu ketika hamil. Baik itu terlalu kurus saat mengandung, atau terlalu cepat turun pasca melahirkan. Kekhawatiran berlebih ini tidak penting diungkapkan atau dipergunjingkan ketika kondisi ibu dan anaknya ternyata dalam keadaan yang sehat. 

2. Aktivitas menyusui

Ketika seorang ibu menyusui anaknya, rasanya tidak perlu ada komentar perihal bagaimana pakaiannya, apakah payudaranya sedikit terbuka atau tertutup. Bahkan jika pun kita menganggapnya seorang eksibisionis atau gemar memamerkan aurat. 

3 dari 4 halaman

3 - 4

3. Tidur bersama atau terpisah dengan anak

Sebagian ibu memilih untuk tidur terpisah dengan bayi mereka. Baik menaruhnya pada ranjang bayi di dalam kamar, atau dalam kamar yang terpisah. Ada juga yang tidur seranjang dengan bayi mereka. Semuanya punya alasan tersendiri yang tidak etis untuk dikomenari atau digunjingkan oleh kita.  

4. Pengasuh anak

Terkadang ada ibu rumah tangga yang tidak bekerja namun tetap memiliki pengasuh untuk anak-anak mereka. Hal ini kerap menjadi topik hangat untuk dipergunjingkan. Padahal masing-masing orang memiliki alasan dan ada banyak faktor yang menyebabkan mereka sampai harus memiliki pengasuh. 

4 dari 4 halaman

5 - 6

5. Kotak bekal anak

Membandingkan sesuatu adalah cara untuk merusak kesenangan yang ada. Kotak bekal anak kerap menjadi bahan perbandingan bagi para orangtua yang terlalu kompetitif. 

6. Rutinitas

Aktivitas atau rutinias seorang ibu terkadang mengharuskan mereka untuk membawa anak ke tempat tertentu. Biasanya ada saja ibu yang berkomentar soal jadwal tidur anak yang terganggu dan sebagainya. (AJI)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.