Sukses

Puasa Kok Berat Badan Malah Naik? Ini Alasannya

Kebiasaan yang kurang tepat seperti kurang mampu mengontrol saat berbuka puasa menjadi hambatan seseorang untuk menurunkan berat badan.

Liputan6.com, Jakarta Bulan suci Ramadan biasanya jadi kesempatan sejumlah individu untuk menurunkan berat badan. Namun yang kerap terjadi adalah berat badan tak kunjung turun, justru yang terjadi sebaliknya.

Dokter Spesialis Gizi Klinik dari Departemen Ilmu Gizi Fakultas Kedokteran Indonesia dr. Sri Sukmaniah MSc, SpGK mengatakan, kebiasaan yang kurang tepat seperti kurang mampu mengontrol saat berbuka puasa menjadi hambatan seseorang untuk menurunkan berat badan.

"Apalagi mereka kerap kali berbuka dengan yang manis, sehingga susah untuk menurunkannya," kata Sri dalam diskusi 'Optimalkan Manfaat Puasa dengan Nutrisi Seimbang dan Pola Minum' di Jakarta, Rabu (3/6/2015)

Menurut Sri, jika seseorang terlalu banyak mengonsumsi minuman manis, sama saja dengan menumpuk kalori tinggi secara berlebih.

"Makanya dapat terjadi penimbunan kalori berupa lemak. Padahal, puasa seharusnya dapat menjadi kiat membantu seseorang mengurangi berat badan. Atau mempertahankan berat badan jika dijalankan dengan asupan gizi dan nutrisi yang sehat," kata Sri menekankan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.