Sukses

Jamu Tradisional Jelang Menopause

Salah satu persiapan yang harus dilakukan para wanita menjelang atau sebelum menopause adalah rutin mengonsumsi jamu.

Liputan6.com, Jakarta Salah satu persiapan yang harus dilakukan para wanita menjelang atau sebelum menopause adalah rutin mengonsumsi jamu. Bahan-bahan yang digunakan membuat ramuan sebelum menopause menyimpan manfaat yang membuat wanita lebih tenang dalam menjalani masa-masa menopause.

Tentu wanita tidak ingin ada keluhan berarti yang dapat mengganggu ketika menjalani masa menopause, bukan? Inilah persiapan awal yang harus dilakukan. Tak perlu beli jadi, racik sendiri jauh lebih sehat dan menyenangkan.

Berikut resep ramuan sebelum menopause dikutip Health Liputan6.com dari buku berjudul Resep Sehat & Ayu dengan Ramuan Tradisional Jawa pada Selasa (2/6/2016)

Bahan

2 biji jokeling atau majakeling
1/2 kulit buah delima putih
2 buah cabai jawa
10 butir cengkeh
5 butir merica hitam
1/2 jari kayu manis jangan
Seujung sendok teh ada
1/2 ruas jari pulosari
1 jari rimpang kunyit
1 jari rimpang temu giring

Cara membuat

Kupas terlebih dulu kunyit dan temu giring, lalu cuci semua bahan sampai bersih. Tumbuk semua bahan hingga halus sambil diberi 1 gelas air matang. Aduk dan saring.

Saat akan diminum, tambahkan sedikit madu atau gula aren dan juga sedikit air perasan jeruk nipis. Minum ramuan ini 1 kali sehari. Sebaiknya, diminum 2 hari sekali saja.

Khasiat

Ramuan di atas bisa membantu menstabilkan dengan menyeimbangkan hormon, sehingga cairan vagina tetap dapat terbentuk, di samping menstimulasi hormon yang mengatur kontraksi uterus (rahim)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.