Sukses

Kayu Manis Bisa Cegah Masuknya Virus ke Tubuh

Sebuah studi yang dilakukan di Touro College, New York menemukan, kayu manis sebagai zat antivirus dan membantu mencegah infeksi

Liputan6.com, Jakarta Sebuah studi yang dilakukan di Touro College, New York menemukan, kayu manis sebagai zat antivirus dan membantu mencegah infeksi pada manusia.

Dalam laman Foxnews, Selasa (2/6/2015), Dr. Milton Schiffenbauer, dari New York School of Applied Studies mengatakan, timnya membandingkan kayu manis dan ekstrak botani lainnya termasuk bawang, cengkeh, peppermint, kakao dan kunyit. Hasilnya cukup mengejutkan, kayu manis dinilai bisa menonaktifkan virus di beberapa organisme.

"Kami mengevaluasi ekstrak kayu manis terhadap Phi X, virus yang menginfeksi hewan dan manusia. Setelah 24 jam inkubasi, kayu manis ternyata mampu menonaktifkan 99,9 persen virus hanya dalam waktu 10 menit," kata peneliti.

Hal ini membuat Schiffenbauer dan ilmuwan lain mengklaim kalau ekstrak kayu manis memiliki kekuatan untuk merusak struktur virus phix.

"Hasil penelitian memvalidasi konsumsi kayu manis. Cukup satu sendok makan kayu manis sekali atau dua kali sehari sudah efektif untuk melawan atau menangkal virus seperti pilek, flu, dan bahkan herpes," tulis peneliti dalam American Society for Microbiology Annual Meeting.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini