Sukses

Makanan yang Baik untuk Otak

Pola makan seimbang dan juga sehat tidak hanya baik untuk tubuh, tetapi juga baik bagi sel-sel otak. Dengan demikian, kita dapat mencegah ke

Liputan6.com, Jakarta Pola makan seimbang dan juga sehat tidak hanya baik untuk tubuh, tetapi juga baik bagi sel-sel otak. Dengan demikian, kita dapat mencegah kerusakan pada otak.

"Secara umum memang harus empat sehat lima sempurna. Tapi, agar kualitas otak senantiasa baik, kita pun butuh asupan makanan khusus," kata kata dr. Agus Anab Sp.BS dari Brain and Spine Center dalam diskusi `Tumor Otak dan Pencegahan Gangguan Saraf` di Hotel Atlet Century Jakarta, Sabtu (30/5/2015)

Agus pun merekomendasikan makanan khusus apa saja yang harus asup setiap hari untuk kesehatan otak. "Ikan salmon, avokad, teh, dan blueberry," kata Agus.

Ikan salmon mengandung omega-3 yang juga baik untuk otak. Sejumlah makanan yang disebut itu juga mengandung sejumlah vitamin. Sedangkan teh dan bluberry, mengandung mineral yang juga baik untuk kesehatan otak.

Mengutip Prevention, Minggu (31/5/2015), Pendiri sekaligus Direktur Memory Enchanment Program at Moun Sinai School of Medicine di New York, Cynthia Green, PhD mengatakan, makanan merupakan salah satu indikator penting agar otak berfungsi maksimal.

Kurang lebih, daftar makanan yang disebut Cynthia sama dengan yang dibeberkan Agus.

1. Ikan salmon : Penelitian dari Tufts University menyebut, mengonsumsi ikan salmon tiga kali seminggu memangkas munculnya Alzheimer.

2. Avokad : Buah yang kerap dianggap sebagai penyebab kegemukan mengandung antioksidan penting, yaitu vitamin E. Daripada mengonsumsi suplemen vitamin E, Cyntia menyarankan agar kita rutin mengonsumsi buah avokad.

3. Sayuran hijau : Aneka sayuran hijau mengandung antioksidan yang kaya vitamin C serta karetenoid yang mampu melindungi kinerja otak.

4. Beri : Hampir semua jenis beri mengandung antioksidan.

5. Air : Dalam sebuah penelitian yang dilakukan Ohio University diketahui orang yang terhidrasi dengan baik mendapatkan nilai tes kemampuan otak yang lebih baik, ketimbang mereka yang jarang minum.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini