Sukses

Studi: Sering Sakit IQ Bisa Turun

Sakit yang serius bisa menurunkan skor IQ atau kecerdasan intelektual berdasarkan penelitian di Denmark.

Liputan6.com, New York- Sakit tidak hanya membuat aktivitas lebih terabatass dibandingkan saat sehat. Sakit yang serius bisa menurunkan skor IQ (intelligence quotient) atau kecerdasan intelektual berdasarkan penelitian di Denmark.

Penelitian ini melibatkan 190.000 responden. Sesudah dilakukan analisis, pria yang dirawat di rumah sakit karena infeksi IQ lebih rendah dua poin dibanding skor rata-rata nasional. Lalu, pria yang sering masuk rumah sakit memiliki jumlah poin IQ 9 poin di bawah rata-rata.

Menurut penulis studi, Michael Eriksen Benros, MD,Ph.D, infeksi mengaktifkan beberapa sel dalam otak yang bekerja mengatur sistem imun tubuh. "Hal tersebut mengubah cara-carase mengirim sinyal ke otak yang dapat menyebabkan masalah kognitif," terangnya seperti dilansir Men's Health, Minggu (31/5/2015).

Jika peradangan akibat infeksi parah bisa membuat penurunan kognitif yang lama-lama bisa menjadi permanen.

Agar mengurangi risiko infeksi dari berbagai sumber, sering-seringlah mencuci tangan sehingga Anda tidak sakit. Tangan merupakan salah satu cara kuman infeksi masuk ke tubuh. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini