Sukses

Sebelum Disunat, Pastikan Kelamin Anak dalam Keadaan Normal

Dengan diagnosa awal, orangtua jadi tahu apakah anak menderita kelainan tertentu atau tidak.

Liputan6.com, Jakarta - Lebih baik tanyakan dulu mengenai bentuk kelamin anak sebelum mereka disunat. Dengan diagnosis awal, orangtua jadi tahu apakah anak menderita kelainan tertentu atau tidak.

"Misalnya orangtua tahu si anak menderita burried penis, jangan disunat dulu karena menyulitkan tindakan," kata Ahli Urologi Rumah Sakit Siloam ASRI, Dr dr Irfan Wahyudi pada Jumat (29/5/2015).

Burried penis, jelas Irfan, membuat penampakan batang kelamin si anak jadi kecil, yang sebenarnya berukuran normal. "Kalau tetap ngotot disunat, akan menyulitkan tindakan operasi, karena kulit kulup penis sudah banyak terbuang," kata Irfan menekankan.

Kondisi di mana jaringan ikat menutupi batang kelamin si anak ini biasa terjadi akibat obesitas maupun adanya jaringan ikat pada penis yang tidak elastis.

"Kondisi ini bisa diatasi dengan rekonstruksi, dan akan mendapatkan hasil maksimal bila belum disunat saat operasi," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini