Sukses

Sunat Laser Bisa Bikin Kelamin Anak Hitam dan Gosong

Risiko penis hitam atau gosong, sampai diamputasi mengintai seorang anak yang disunat laser.

Liputan6.com, Jakarta - Ada baiknya orangtua berpikir dua kali sebelum menyunat si kecil menggunakan metode laser (sunat laser). Risiko penis hitam atau gosong, sampai diamputasi mengintai seorang anak yang disunat laser.

Dalam bayangan kebanyakan orangtua, sunat metode ini menggunakan alat yang dapat mengeluarkan sinar laser sehingga menimalisir sakit dan pendarahan. Orangtua juga merasa aman bila buah hati disunat laser.

"Sebenarnya yang dipakai itu bukan laser, tapi semacam solder. Alat-alat ini tentu sangat tidak dianjurkan," kata Ahli Urologi Rumah Sakit Siloam ASRI, dr Arry Rodjani, SpU(K) ditulis Jumat (29/5/2015).

Arry khawatir bila tenaga medis yang melakukan tindakan ini salah melakukan prosedur. "Komplikasinya lebih buruk dibanding konvensional. Penis bisa hitam, bahkan satu atau dua bulan bisa teramputasi," kata dia menambahkan.

Arry mengatakan, cukup banyak menerima pasien dengan kondisi ini. Maka itu, Arry tetap menganjurkan seluruh orangtua untuk menyunat si kecil dengan metode konvensional, sekali pun ada pendarahan.

"Treatment mengatasi masalah ini lebih mudah, bila dibanding dengan penis gosong akibat menggunakan laser," kata dia menekankan. 

 

Baca juga

Anak Hemofilia Tak Ditanggung BPJS Kalau Mau Sunat

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini