Sukses

100 Orang Meninggal Akibat Konsumsi Ayam yang Dijual di Swalayan

Hati-hati saat membeli daging ayam di swalayan

Liputan6.com, Jakarta Hati-hati saat membeli daging ayam di swalayan. Food Standards Agency (FSA) mengungkapkan, tiga dari ekor ayam membawa hama campylobacter yang menyebabkan seratus orang di London meninggal dunia setiap tahun.

Penduduk di sana telah sejak lama mengenal campylobacter sebagai penyebab keracunan makanan. Hama ini juga bertanggung jawab terhadap 280.000 infeksi yang membuat National Health Service (NHS) harus mengeluarkan biaya lebih. Setelah melakukan survei selama setahun, FSA menemukan 73 persen ayam mentah di sana tercemar campylobacter.

Swalayan pun dianggap lalai dan melanggar perjanjian yang telah disepakati pada 2008. Kondisi semacam ini ditemukan pada 2008. Pemerintah memintah kepada seluruh swalayan untuk lebih memerhatikan kebersihan dari daging ayam yang mereka pasok. Semua ini dilakukan untuk melindungi kesehatan masyarakatnya.

Profesor Brendan Wren mengatakan, kontaminasi ini terjadi akibat cuaca yang relatif lembab, yang mendorong terjadinya penyebaran yang luas. Dikutip dari situs Daily Mail, Jumat (29/5/2015), Brendan menyarankan seluruh masyarakat di sana untuk vaksinasi, karena penyebaran hama campylobacter tak dapat dicegah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini