Sukses

Mengapa Banyak Alergi Aneh Muncul?

Mengapa banyak alergi aneh bermunculan? Ada alergi makanan, suhu, bulu, obat dan sebagainya

Liputan6.com, Jakarta Ada banyak alergi yang bisa kita ketahui. Ada alergi makanan, suhu, bulu, obat dan sebagainya. Namun pernahkah Anda mendengar alergi aneh misalnya alergi kotor, alergi sperma, sinar matahari, uang atau sentuhan? 

Dokter Spesialis Anak Sub-Spesialis Alergi Imunologi Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Zakiudin Munasir menyebutkan, alergi dibagi menjadi dua macam, alergi karena reaksi alergi dan non immunologic.

"Reaksi alergi biasanya terjadi karena ada penolakan reaksi tertentu dalam tubuh atau immunoglobin-E. Pada kondisi tertentu, misalnya pada suhu panas atau dingin, reaksi ini dapat muncul. Pada orang yang alergi serbuk bunga, berarti ada immunoglobin-E pada pollen. Begitu juga reaksi alergi yang muncul pada tubuh Anda," katanya.

Sedangkan non immunologic, biasanya dipengaruhi oleh lingkungan dan psikis. Misalnya ketika seseorang sedang stres, terlalu emosi saat marah atau tertawa, alergi itu bisa muncul. "Jika misalnya ada anak asma yang alergi karena psikis, kami akan meminta mereka untuk menjaga emosinya."

Pada dasarnya, alergi dapat diatasi. Namun Zaki menyarankan agar orangtua untuk mencari tahu bakat alergi anak sejak kecil. Karena itu, edukasi dan pemahaman mengenai pencegahan alergi dan solusinya penting dipelajari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini