Sukses

3 Hal yang Dapat Membuat Anda Stres

Ini dia beberapa hal yang dapat membuat Anda stres

Liputan6.com, Jakarta Apakah anda merasakan kegelisahan pada pikiran dan perasaan? Sulit tidur? Sering menangis? Mudah marah? Sering emosi? Kalau jawabannya ya, Anda mungkin mengalami stres.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia stres adalah gangguan atau kekacauan mental dan emosional yang disebabkan oleh faktor ekstrinsik. Stres merupakan stimulus atau situasi yang menimbulkan distress dan menciptakan tuntutan negatif pada fisik dan psikis seseorang.

Lalu, hal apa sajakah yang dapat menyebabkan stres pada Anda? Prof dr Willy F. Maramis SpKJ dalam bukunya berjudul 'Catatan Ilmu Kedokteran Jiwa' menyebutkan beberapa hal yang dapat membuat Anda stres :

1. Lingkungan
Lingkungan merupakan salah satu sumber stres Anda. Anda mungkin dihadapkan pada beragam beban dan tuntutan baik dari pekerjaan maupun sekolah. Selain itu konflik dengan rekan kerja juga memicu timbulnya stres.

2. Tubuh
Salah satu sistem yang bereaksi ketika anda stres adalah tubuh. Tubuh Anda dapat berespons terhadap segala perubahan yang terjadi termasuk ketika anda mengalami stres. Ketika stres terjadi, kecemasan dan beban pikiran yang selama ini berkecamuk akan muncul. Tubuh akan melakukan serangkaian proses keseimbangan untuk menetralisirnya. Ketika anda mengalami stres maka efeknya akan mengganggu pola tidur yang dipengaruhi oleh gelombang alfa dan beta. Lalu apakah dampak bagi kesehatan anda? Dampaknya ternyata Anda dapat dengan mudahnya terserang penyakit! Berbahaya kan?

3. Pikiran
Selain kedua hal tersebut, pikiran juga dapat menimbulkan stress. Berbagai problematika yang kompleks jika dipikirkan secara mendalam dapat menyebabkan seseorang kehilangan gairah untuk melakukan suatu kegiatan. Untuk itu jalanilah hidup anda dengan santai dan mulailah tersenyum! (Ruby Larasati)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.