Sukses

Hati-hati, Alergi Juga Mematikan

Ada jenis alergi tertentu yang berisiko fatal hingga meninggal.

Liputan6.com, Jakarta Alergi ada yang bersifat ringan dan fatal. Gejala alergi ringan biasanya dapat sembuh seketika dengan obat. Namun ada jenis alergi tertentu yang berisiko fatal hingga meninggal.

Dokter Spesialis Anak Sub-Spesialis Alergi Imunologi Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Zakiudin Munasir tidak menampik bila alergi bisa menyebabkan kematian.

Dia menyontohkan, alergi obat antibiotik seperti penisilin dapat membuat pasien shock dan tiba-tiba meninggal. Kasus lainnya juga pernah ditemukan di Amerika, orang yang alergi kacang tanah juga tiba-tiba meninggal.

"Alergi berat dapat menyebabkan shock dan kesulitan bernapas. Bila tidak dibantu dengan obat, mereka dapat meninggal seketika," kata Zaki saat wawancara khusus bersama Liputan6.com, Jakarta, Rabu (27/5/2015).

Untuk mencegah alergi lebih lanjut, Zaki menyarankan pemeriksaan dini alergi oleh dokter. "Jika sejak kecil anak Anda memiliki gejala alergi, maka harus dipastikan dulu pencetusnya. Lalu hindari pantangannya," ungkapnya.

Selain itu, ada beberapa hal lain yang bisa diterapkan untuk mencegah alergi fatal seperti: 

- Pemberian ASI hingga usia 2 tahun

Air Susu Ibu memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah mencegah reaksi alergi terutama di saluran cerna. 

- Faktor lingkungan kita jaga

Lakukan pembersihan rumah secara rutin sehingga tidak memungkinan ada debu atau tungau yang bisa memicu alergi. 

- Istirahat yang cukup dan berkualitas 

- Memastikan gizi baik

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini