Sukses

Pilih Sampo yang Tepat untuk Anak

Keringat dan debu yang yang menempel di tubuh terutama bagian kepala anak, membuat mereka harus cepat-cepat dibersihkan.

Liputan6.com, Jakarta Keringat bisa dengan cepat membasahi tubuh bayi berusia tiga tahun saat bermain. Apalagi bila bentuk aktivitas yang mereka lakukan berlari-lari dan guling-gulingan. 

Keringat dan debu yang yang menempel di tubuh terutama bagian kepala anak membuat mereka harus cepat-cepat dibersihkan. Jika dibiarkan, hal tersebut tidak hanya membuat anak tidak nyaman, juga berisiko lecet. 

"Debu pun gabung jadi satu dengan keringat, sehingga kalau dibiarkan memudahkan timbulnya lecet. Ditambah pula dengan kondisi kepala yang lepek, membuat tidur malam mereka jadi tidak nyenyak," kata Dr dr Soedjatmiko, SpA(K) Msi.

Dalam diskusi 'Lebih Segar dan Wangi Saat si Kecil Aktif Bermain', Pakar Tumbuh Kembang Anak Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) mengatakan, selain menggunakan sabun yang tepat, orangtua juga harus memilih sampo yang tepat buat si kecil.

Menurut Soedjatmiko, pemilihan sampo pun harus yang mengandung bahan-bahan alami yang tidak menyakiti si anak.

"Carilah sampo yang menyenangkan buat anak, yang membuat mata tidak perih. Jangan sembarangan dalam memilih sampo," kata Soedjatmiko.

Selama memandikan si kecil, lanjut dia, lakukan juga sejumlah gerakan yang dapat menstimulasi mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini