Sukses

5 Fobia Aneh, Mulai dari Takut Makanan Hijau Hingga Balon

Beberapa di antaranya, fobia yang tak diduga.

Liputan6.com, New York- Menurut statistik terbaru, rasa takut berlebihan terhadap benda maupun sesuatu yang menghambat atau fobia yang banyak dirasakan manusia adalah takut ketinggian yang disebut juga acrophobia. Ada juga fobia ular, dokter gigi, dan suntikan.

Namun di luar itu, masih banyak ketakutan yang dirasa aneh terjadi pada beberapa orang. Di antaranya, lima fobia berikut seperti dilansir Men's Health, Selasa (26/5/2015).

1. Paruresis, takut buang air kecil di toilet umum
"Ada pria yang merasa sulit atau tidak mungkin untuk buang air kecil di depan orang lain misalnya saat ia tidak bisa buang air kecil bila ada orang lain di toilet umum," terang instruktur klinis di UCLA, Mark Borigini, MD.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cibophobia

2. Cibophobia, takut makanan hijau
Pada beberapa orang memiliki rasa takut untuk mengonsumsi makanan hijau. "Melihat makanan hijau, terutama saat anak-anak, terkait dengan kecemasan," terang psikolog klinis spesialis bidang gangguan kecemasan, L. Kevin Chapman, Ph.D.
Fobia ini sangat erat denga Lachanophobia, yakni rasa takut mengonsumsi sayuran. Biasanya hal ini terjadi karena paparan makanan cepat saji yang terlalu banyak saat kecil.

3. Emetophobia, takut muntah
Sekitar 9 persen populasi dunia memiliki fobia yang satu ini seperti diungkapkan, Lombardo. Fobia ini bisa terjadi karena adanya trauma muntah pada saat kecil. Orang-orang ini menghindari situasi yang membuatnya bisa muntah serta mengindari orang-orang muntah seperti anak kecil yang acapkali muntah saat dalam perjalanan.

3 dari 3 halaman

Globophobia

4. Globophobia, takut balon
"Rasa takut pada balon muncul karena pengalaman negatif, seperti pernah merasakan terkejut oleh suara keras atau bunyi balon meletus," terang direktur The Center for Emotional Health of Greater Philadelphia, Marla W. Deibler.

5. Coulrophobia, takut badut
Fobia yang satu ini banyak dialami orang. Bagi mereka badut bukanlah sosok lucu, melainkan menyeramkan. Bahkan, menurut Deibler, rasa takut ini bisa menyebabkan rasa jijik pada badut.

 

Baca Juga:

Cerita Taylor Lautner yang Punya Fobia

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.