Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

18 Tahun

LanjutkanStop di Sini

Jangan Kaget dengan Perubahan Miss V Pascamelahirkan

Kaum hawa jangan kaget jika menemukan organ intim Anda (Miss V) terlihat berbeda usai melahirkan.

Liputan6.com, Jakarta Kaum hawa jangan kaget jika menemukan organ intim Anda (Miss V) terlihat berbeda usai melahirkan. Bahkan jika Anda sudah membaca buku parenting dan mendapat segudang nasihat yang boleh dilakukan dan tidak saat hamil dan sesudahnya, topik sensitif tentang Miss V ini jarang yang memperingatkan.

Berikut beberapa hal yang tak pernah orang kasih tahu tentang Miss V usai melahirkan seperti dilansir Redbookmag, Rabu (27/5/2015): 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kondisi 1 - 2

1. Sering pakai panty liner

Kaum hawa mungkin perlu memakai panty liner. Inilah kenyataan yang dihadapi tubuh pascamelahirkan yakni dengan stress urinary incontinence,  suatu kondisi yang menyebabkan kebocoran urine selama kegiatan yang memberikan tekanan di perut Anda. 

Kondisi ini mungkin benar-benar mengganggu apalagi celana dalam menjadi mudah basah. 

Dr. Alyssa Dweck, MD, seorang ginekolog di Westchester, New York, dan penulis V is For Vagina, merekomendasikan latihan kegel untuk menguatkan otot dasar panggul, menurunkan berat badan, dan memberikan waktu tubuh untuk menyembuhkan diri setelah persalinan. 

Bahkan jika cara itu tak memberikan perubahan, Dweck mengatakan ada pilihan lain seperti berbagai operasi atau obat-obatan yang dapat membantu.

2. Olahraga tingkatkan kehidupan seks

Kehamilan dan persalinan memberikan banyak tekanan pada otot-otot dasar panggul Anda (PFM). Otot dasar panggul ini memengaruhi kontrol kandung kemih dan kehidupan seksual. Jika otot dasar panggul kuat maka akan menghasilkan orgasme yang kuat.

Untuk mencapainya, mintalah dokter Anda untuk melakukan latihan disetujui, dan mempertimbangkan menggunakan Elvie jika Anda mendapatkan lampu hijau dari dokter Ini adalah perangkat sensor bulat yang dimasukkan ke dalam vagina, dan kemudian Anda mengepalkan dan melepaskan otot-otot Anda di sekitarnya dalam latihan selama 5 menit.  

3 dari 4 halaman

Kondisi 3 - 4

3. Seperti gurun pasir

Tak peduli seberapa bergairahnya Anda, Miss V menjadi kering setelah melahirkan bayi. Hal ini juga berlaku jika dokter Anda mempersilakan Anda bisa berhubungan lagi dengan suami (biasanya paling cepat enam minggu pascamelahirkan). 

"Tingkat hormon Anda mungkin tidak kembali ke keadaan normal seperti sebelumnya, terutama jika Anda menyusui," kata Dr Dweck. 

Ketika Anda siap melakukan aktivitas seksual, ia merekomendasikan agar wanita menggunakan banyak pelumas atau krim estrogen, yang bisa diperoleh dengan resep dari Dokter Kandungan Anda.

4. Anda mungkin tidak mengenali diri sendiri

Jangan khawatir jika warna vagina Anda berbeda karena itu benar-benar normal. Setelah melahirkan bayi, pigmentasi di daerah tersebut biasanya menjadi lebih gelap, terutama di sekitar labia dan perineum (kulit antara vagina dan anus). 

"Tidak ada yang berbahaya, itu biasanya disebabkan oleh perubahan hormonal," kata Dr Dweck. 

Setelah kadar hormon Anda stabil, mungkin kembali ke rona sebelumnya. Tetapi jika tidak, itu bukan masalah besar. 

4 dari 4 halaman

Kondisi 5 - 6

5. Bau aneh yang normal

Enam sampai delapan minggu setelah melahirkan, akan ada banyak lokia. Ini adalah sesuatu (seringnya darah) dari tumpukan di rahim, dan mungkin memiliki bau. Jika ada, berbau busuk yang kuat, Dr Dweck menyarankan mendatangi dokter kandungan untuk mencegah infeksi.

6. Akan memperbaiki sendiri

Vagina bisa melakukan hal yang hebat."Ini adalah organ yang luar biasa yang sangat pemaaf," jelas Dr Dweck. 

Menurutnya Miss V kaya suplai darah, dan menyembuhkan diri dengan baik dan cepat, lebih baik dibanding tempat lain di dalam tubuh."Kemungkinan besar tidak akan mirip seperti keadaan sebelumnya, tapi Anda bisa merasa nyaman dengan kondisi yang baru," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini