Sukses

Manfaat Yodium Bagi Manusia

Orang dewasa dianjurkan mengonsumsi 150 mikrogram iodine per hari.

Liputan6.com, Jakarta Ketua Perkumpulan Endokrinologi (Perkeni) Ahmad Rudijanto mengatakan, cukup Yodium membuat kita terhindar dari masalah hipotiroid (kekurangan hormon tiroid). Maka itu, orang dewasa dianjurkan mengonsumsi 150 mikrogram iodine per hari.

"Memang, jumlah yang dibutuhkan tidak terlalu banyak. Akan tetapi, harus ada di setiap garam yang kita konsumsi," kata Rudi dalam diskusi `Pekan Peduli Tiroid Internasional` di Gedung Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Kuningan, Jakarta, Selasa (26/5/2015).

Lebih lanjut, organisasi kesehatan dunia (WHO) menjelaskan kalau pemenuhan Yodium per hari pada setiap tingkatan umur berbeda. Pada usia 0 sampai 59 bulan sebanyak 90 mikrogram, usia 6 sampai 12 tahun sebanyak 120 mikrogram, dan dewasa 150 mikrogram. Sedangkan ibu hamil dan menyusui, jumlah Iodium mencapai 200 mikrogram.

"Namun, harus diingat, jangan berlebihan. Jika berlebihan, mengakibatkan hipertiroid atau kelebihan hormon tiroid," kata dia menerangkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.