Sukses

Ilmuwan Temukan Alasan Makan Satu Potong Pizza Tak Cukup

Sebuah studi terbaru di University of Michigan menemukan ada beberapa makanan yang bikin kecanduan, salah satunya pizza.

Liputan6.com, Jakarta Jika ada yang menganggap kalau pizza atau cokelat bikin kecanduan, mungkin ada benarnya. Pasalnya, sebuah studi terbaru di University of Michigan menemukan ada beberapa makanan yang bikin kecanduan, salah satunya pizza.

Seperti diberitakan Menshealth, Selasa (26/5/2015) para peneliti menduga, makanan dengan indeks glikemik tinggi bisa bikin ketagihan. Indeks glikemik (glycemic index/GI) adalah peringkat yang diberikan kepada makanan untuk menunjukkan bagaimana makanan tersebut memengaruhi gula darah dan insulin. Semakin tinggi nilainya, semakin cepat gula darah dan kadar insulin akan meningkat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Daftar makanan



Berikut daftar makanan yang paling bikin kecanduan:

1. Pizza

Indeks glikemik 22
Lemak 10 gr

2. Cokelat

Indeks glikemik 14
Lemak 13

3. Keripik kentang

Indeks glikemik 12
Lemak 10

4. Kue kering

Indeks glikemik 7
Lemak 4

5. Es krim

Indeks glikemik 14
Lemak 15

6. Kentang goreng

Indeks glikemik 21
Lemak 18

7. Burger keju

Indeks glikemik 17
Lemak 28

8. Soda (no diet)

Indeks glikemik 16
Lemak 0

9. Kue (cake)

Indeks glikemik 24
Lemak 10

10. Keju

Indeks glikemik 0
Lemak 0

3 dari 3 halaman

Sayuran punya efek sama


Yang menarik, tak hanya makanan junk food yang memiliki sifat adiktif. Beberapa sayuran seperti  mentimun, wortel, kacang, apel, beras merah polos, brokoli, pisang, salmon, jagung tanpa mentega atau garam, dan stroberi juga memiliki efek yang sama.

"Ini yang jadi masalah, kecanduan makan identik dengan makanan dengan indeks glikemik tinggi. Jelas berbahaya karena berisiko tinggi obesitas dan penyakit lain," kata penulis utama studi Erica Schulte.

"Batasi makanan yang diproses atau penjualannya untuk untuk anak-anak mungkin dapat menekan angka obesitas," tambah Schulte.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.