Sukses

Tinggal di Pinggir Jalan Raya, Lingkar Perut Meningkat

Penelitian di Swedia temukan fakta bahwa orang dewasa yang tinggal dekat dengan kebisingan lalu lintas berpotensi gemuk.

Liputan6.com, London - Apakah rumah Anda dekat dengan jalan raya yang bising? Jika iya, perhatikan pola makan dengan baik dan olahraga secara rutin. Menurut studi yang dilakukan peneliti dari Swedia, orang dewasa yang tinggal dekat dengan kebisingan lalu lintas berpotensi memiliki lingkar pinggang melar.

Menurut penelitian yang dilakukan ilmuwan dari Karolinska Institute ini, sekitar 25 persen orang dewasa dari lima ribu partisipan yang tinggal di pinggir jalan maupun dekat dengan jalur penerbangan lalu lintas yang ramai cenderung memiliki lemak perut atau obesitas sentral.

Seseorang dikatakan obesitas sentral bila perempuan memiliki lebar pinggang lebih dari 88 cm sedangkan pria lebih dari 101 cm. Semakin tinggi tingkat kebisingan, kemungkinan lemak perut pun bertambah seperti dilansir British Medical Journal.

Orang yang memiliki lingkar pinggang seperti ini, berisiko tinggi mengalami serangan jantung, diabetes dan kanker.

 

Baca Juga:

Soda Diet Tetap Bikin Lingkar Pinggang Melar

Lingkar Pinggang Lebih 4 Jengkal, Bisa Jadi Tanda Diabetes

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.