Sukses

Sarapan Telur Baik untuk Cegah Diabetes

Mengonsumsi satu hingga dua butir telur sehari dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2.

Liputan6.com, Jakarta Mungkin hal ini bisa jadi kabar baik bagi kita semua. Pasalnya, penelitian baru yang diterbitkan dalam The American Journal of Clinical Nutrition menemukan, mengonsumsi satu butir telur sehari dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2.

Penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan dari University of Eastern Finland ini melibatkan 2.000 pria paruh baya yang rutin mengonsumsi telur dalam jangka waktu sekitar 19 tahun.

"Setidaknya setengah telur per hari (satu telur memiliki 185 mg) bisa menurunkan risiko diabetes tipe 2 hingga 37 persen. Hal ini terkait dengan jumlah kolesterol yang terdapat dalam telur," kata penulis studi yang juga pakar epidemiologi gizi di University of Eastern Finland, Prof Jyrki K Virtanen, PhD, seperti dikutip Prevention, Selasa (26/5/2015).

Temuan ini sangat mengejutkan karena selama bertahun-tahun, kolesterol dianggap memiliki faktor risiko diabetes. Dan telur, tentu saja adalah sumber utama dari kolesterol. Tapi nyatanya, telur cukup efektif untuk menekan diabetesi.

"Selain tinggi protein, telur mengandung asam lemak tak jenuh ganda, vitamin dan mineral, dan termasuk senyawa bioaktif seperti karotenoid, yang memiliki sifat anti-inflamasi," kata Virtanen.

Kendati demikian, Virtanen tidak menyarankan konsumsi telur bagi mereka yang sudah memiliki diebetes tipe 2. "Beberapa penelitian menemukan, telur dapat meningkatkan risiko penyakit jantung bagi mereka yang sudah memiliki diabetes."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini