Sukses

Ayo Bikin Nasi Biru, Pakai Bahan Alami Ini

Dengan bunga telang, Anda bisa menyulap nasi menjadi biru yang cantik agak keunguan.

Liputan6.com, Yogyakarta Tak perlu pewarna buatan untuk membuat masakan menjadi biru. Dengan bunga telang, Anda bisa menyulap nasi menjadi biru yang cantik agak keunguan.

"Ambil beberapa bunga telang, cuci, kemudian rendam dalam air. Lalu, ketika air rendaman sudah berubah warna menjadi biru. Ambil, kemudian masukkan ke dalam beras yang akan dimasak," terang Lurah Desa Ngestiharjo, Kasihan, Bantul, DIY, Oni Oktiviani saat dijumpai di Dusun Soragan, Bantul beberapa saat lalu.

"Kadar biru yang ingin dihasilkan, tergantung selera," tambahnya.

Menurut lurah desa yang juga penggerak penanaman obat keluarga ini, rasa nasi yang dihasilkan dari campuran bunga telang ini pun akan lebih lezat.

Di Malaysia, nasi berwarna biru atau nasi kerabu merupakan makanan khas yang banyak ditemukan di pantai timur Malaysia seperti Kelantan dan Terengganu. Nasi kerabu akan dihidangkan dengan ikan asing goreng, kelapa parut, ayam goreng

Selain sebagai pewarna alami, menurut International Journal of Pharmacy and Bioligical Sciences, bunga telang mengandung antioksidan alami dan antidiabetes.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini