Sukses

5 Hal yang Perlu Anda Ketahui tentang Keperawanan

Liputan6.com, Jakarta Kehilangan keperawanan sepertinya masih menjadi isu menarik. Sebab mungkin banyak diantara Anda tidak mengetahui apa itu keperawanan.

Berikut ini, ada 5 hal tentang keperawanan yang dirangkum Cosmopolitan, Senin (25/5/2015):

1. Penis dan Vagina

Banyak orang menganggap, keperawanan identik dengan penis dan vagina. Sayangnya, lebih dari itu, kegiatan lain yang mengarah pada hubungan seksual seperti oral atau anal telah membuat Anda kehilangan keperawanan.

Psikolog Seksual dari Univeristas Indonesia, Zoya Amirin mengatakan, tanda keperawanan tidak bisa dilihat secara kasat mata, baik kata orang dari cara jalan dan sebagainya tidak ada yang tahu. Tapi batasan keperawanan itu saya pikir ada dua. Pertama, sudah pernah melakukan hubungan seksual, dan pernah melakukan oral atau anal seks. (Baca: Dua Tanda Keperawanan)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Selaput dara



2. Selaput dara

Serius! Selaput dara kerap disalahpahami. Pakar edukasi seks di Los Angeles Michelle Horejs mengatakan, selaput dara hanya jaringan tipis di lubang vagina.

"Selaput dara mungkin bisa robek saat pertama kali Anda berhubungan seks. Tapi ini bukan ukuran keperawanan karena robeknya selaput dara bisa terjadi meski tidak berhubungan seks. Misalnya saat bersepeda atau hanya dengan menjadi manusia yang aktif," katanya.

3 dari 4 halaman

Banyak berpikir



3. Banyak berpikir

Anda mungkin berpikir, seks pertama kali benar-benar aneh. Tapi itu 100 persen normal. "Saat bercinta pertama kali, Anda bisa merasa tegang atau takut. Jadi sulit untuk menikmatinya," kata edukator kesehatan dari Mount Sinai Adolescent Health Center in New York City, Stardell Smith.

Sebelum Anda panik, Smith menjelaskannya, pertama-tama fase pemanasan. Dimulai dengan berciuman, menyentuh dan lainnya. "Biasanya ketika pria sudah mulai terangsang, dia akan mulai melumasi vagina (Ini penting karena tidak ada pelumasan berarti nyeri).

Kedua, bagian yang sulit adalah bercinta dengan kecepatan yang membuat Anda dan dia nyaman hingga orgasme.

4 dari 4 halaman

Semakin intim



4. Semakin intim

Kehilangan keperawanan akan membuat Anda semakin dekat dengan pasangan. Jadi yakinkan diri Anda sebelum melakukan tindakan yang tidak bisa dipertanggungjawabkan.

Pikirkan apakah hubungan Anda cukup kuat untuk menanggung segala skenario terburuk? Apakah Anda yakin dengan keputusan besar ini. Juga, jangan menipu diri sendiri dengan berpikir bahwa seks akan mengubah hidup Anda dan hubungan akan lebih baik.

5. Ingin bercinta lagi dan lagi

Ya, kedengarannya mustahil, tapi saat Anda berhubungan seks sekali (atau dua kali) dan itu bukan pengalaman yang Anda harapkan, Anda dijamin akan mempelajari apa yang Anda inginkan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini