Sukses

4 Makanan Pokok Pengganti Nasi, dari Nasi Jagung Hingga Singkong

Liputan6.com, Jakarta "Kalau belum makan nasi, belum makan" begitu kata orang kebanyakan di negeri kita ini. Nasi memang tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari masyarakat kita. Rasanya yang cenderung datar makin lezat jika dipadukan dengan aneka sayur dan lauk.

Sayangnya, menurut British Medical Journal, orang Asia berisiko tinggi terkena diabetes tipe 2 karena asupan tinggi konsumsi nasi dibanding orang Barat.

Untungnya negeri kita kaya pilihan aneka makanan pokok. Soal rasa, tak kalah lezat dari nasi. Berikut empat sumber makanan pokok yang tak kalah lezat dihimpun dari berbagai sumber yang dihimpun Health-Liputan6.com.

1. Nasi Jagung
"Iwak peyek, iwak peyek nasi jagung". Anda tentu masih ingat lagu yang dipopulerkan Trio Macan ini. Tak sekadar lagu, nasi jagung memang lezat bila dipadukan dengan iwak peyek (ikan teri yang digoreng dengan tepung) serta aneka lauk dan sayur lainnya.

Di Indonesia, konsumsi makanan pokok berbahan dasar jagung ini memang populer. Bahkan di beberapa wilayah di Indonesia makanan sumber karbohidrat ini lebih disukai dibandingkan nasi. Misalnya di Desa Weluli, Belu, Nusatenggara Timur yang bernama jagung bose.

Selain itu, jagung pun bermanfaat bagi kesehatan tubuh seperti pencernaan lancar, sumber mineral, terdapat Vitamin C, karotenoid, dan bioflavonoid yang menjaga jantung tetap sehat dengan mengendalikan kadar kolesterol dan meningkatkan aliran darah dalam tubuh.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sagu

2. Sagu
Sumber makanan pokok berbahan sagu cocok dikonsumsi oleh mereka yang diabetes. Memiliki indeks glikemik rendah, sagu aman dikonsumsi penyandang diabetes.

Di beberapa daerah timur Indonesia kini mulai digalakkan konsumsi sagu, diantaranya Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara.

3. Tiwul
Jangan remehkan makanan yang berasal dari ketela pohon ini. Dibandingkan beras, kandungan gizi dalam tiwul memang lebih rendah. Kandungan yang terbanyak dalam tiwul adalah pati yang merupakan salah satu jenis karbohidrat. Penting mengonsumsi tiwul dengan lauk dan sayuran yang kaya gizi.

3 dari 3 halaman

Nasi singkong

4. Nasi singkong
Pernah membayangkan singkong menjadi nasi? Di daerah Cireundeu, Cimahi, Jawa Barat masyarakatnya mengenal nasi singkong sebagai makanan pokoknya. Bahkan mereka memiliki beras singkong yang disebut dengan rasi. Usai dimasak, nasi singkong dikonsumsi layaknya nasi biasa dari beras mereka mengosumsi dengan sayur dan lauk lain.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini