Sukses

Mau Tahu Punya Masalah Kesehatan atau Tidak, Berdiri Satu Kaki

Berdiri satu kaki seperti burung bango dan lihat seberapa lincah dan bertahan berapa lama Anda.

Liputan6.com, Jakarta Ada salah satu trik untuk melihat apakah kondisi tubuh Anda menua dari usia seharusnya. Berdiri satu kaki seperti burung bango dan lihat seberapa lincah melakukan posisi tersebut dan berapa lama Anda dapat bertahan. Cara ini cukup untuk mencari tahu bagaimana kondisi organ tubuh Anda.

"Saat berdiri satu kaki, kita akan lihat apakah fungsi otaknya masih bagus dan apakah keadaan organ dalam sesuai usianya. Ingat, ada bagian otak yang mengatur gerak, sehingga bila Anda tidak mampu mengangkat satu kaki, bisa jadi tanda awal pikun dan gangguan otak," kata pemerhati gaya hidup dr. Grace Judio-Kahl, MSc, MH, CHt, di acara `Jakarta Health Week`, ditulis Senin (25/5/2015).

Menurut Grace, pada orang di atas 50 tahun, bertahan dengan kaki satu ini akan menunjukkan kondisi tubuhnya. Semakin lama bertahan, maka semakin lincah dan muda organnya. "Tubuh kita itu ibarat mobil yang harus dijaga dari luar dan dalam. Apabila tidak dijaga, onderdilnya bisa menua meski tampilannya mobil mewah. Penuaan pada organ juga sama penting dengan wajah dan kulit."

"Gaya hidup yang salah seringkali menjadi salah satu penghalang masyarakat untuk menjadi sehat. Tinggal dan bekerja di kota besar seringkali mengharuskan kita untuk bergerak cepat dengan aktivitas yang padat, sehingga orang cenderung mengonsumsi asupan yang praktis namun kurang sehat, dan melupakan aktivitas olah raga sehingga membuat proses penuaan lebih cepat," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini