Sukses

Perut Buncit Bikin Anda Lebih Cepat Tua

Perut buncit juga ternyata membuat penuaan ini lebih cepat.

Liputan6.com, Jakarta Tubuh kita memiliki mekanisme yang disebut apoptosis, sebuah proses kematian sel yang terjadi pada organ dan kulit. Nah, biasanya proses ini terjadi saat usia kita semakin bertambah. Namun perut buncit juga ternyata membuat penuaan ini lebih cepat.

Begitu disampaikan pemerhati gaya hidup dr. Grace Judio-Kahl, MSc, MH, CHt saat acara `Jakarta Health Week` di Senayan City, Jakarta. Menurutnya, perut buncit meningkatkan produksi hormon tidak penting yang membuat tubuh menua lebih cepat.

"Hati-hati jangan sampai buncit. Orang buncit, sel tubuhnya gampang mati dan membuat kerutan muncul lebih cepat. Selain itu, risiko penyakit lain juga mengancam," kata Grace, ditulis Sabtu (23/5/2015).

Meski begitu, kata Grace, buncit berbeda dengan kulit gelambir. Untuk membedakannya, coba duduk tegak dan tarik napas. Saat otot kencang, cubit bagian perut tersebut. Kalau ternyata lemaknya tebal, berarti Anda memiliki lemak dalam yang berbahaya.

"Pada jangka panjang, pola hidup tidak sehat dapat memicu buncit atau obesitas yang berdampak pada kondisi tubuh yang menua lebih cepat dari seharusnya. Oleh karena itu,  sangatlah penting untuk memperhatikan pola makan, sebagai investasi agar awet muda lebih lama," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini