Sukses

Cara Bedakan Beras Asli dan `Beras Plastik`

Mencermati bentuk fisik beras, merendamnya dalam air, memilahnya satu per satu di atas kertas adalah beberapa cara yang bisa dilakukan.

Liputan6.com, Jakarta Temuan beras yang mengandung senyawa kimia plastik di Bekasi membuat masyarakat resah. Meski pemerintah belum memberi pernyataan resmi karena masih menunggu hasil uji laboratorium BPOM, namun hasil uji laboratorium PT. Succofindo membuktikan dua sampel beras seberat 250 gr yang diserahkan Pemkot Bekasi mengandung senyawa kimia Polyvinyl Chloride dan plasticizer (pelembut plastik) yang terdiri dari Benzyl Butyl Phthalate, Bis (2-ethylhexyl Phthalate), dan Diisononyl Phthalate

Senyawa kimia tersebut biasa digunakan untuk bahan baku industri plastik. Senyawa tersebut tentu berakibat fatal bagi kesehatan jika masuk ke tubuh. (Baca: Penyakit Kanker Hantui Pemakan Beras Plastik)

Namun, agak sulit untuk membedakan beras asli dengan beras plastik secara kasat mata. “Secara fisik akan sulit dibedakan. Setelah proses dimasak baru akan terlihat. Terjadi pemisahan antara yang betul-betul beras dan yang bukan beras,” kata Adisam ZN.M.Si, Kepala Bagian Penelitian PT. Succofindo pada Health-Liputan6.com, Kamis (21/5/2015). 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara bedakan beras

Lantas bagaimana cara membedakan beras asli dari beras plastik? Berikut cara identifikasi awal yang disarankan oleh pihak Succofindo.

1. Mencermati bentuk fisik beras

Beras asli cenderung `lebih gemuk` dan ada tanda lengkungan di ujungnya. Selain itu, beras asli pun biasanya memiliki derajat sosoh atau bekas-bekas sekam. 

2. Rendam dalam air 

Beras asli akan larut seperti bubur setelah direndam dalam air selama beberapa waktu, sementara beras plastik tidak larut. Kandungan protein dalam beras asli membuatnya cepat larut. 

“Saat direndam dalam air, biasanya beras yang mengandung senyawa plastik juga akan terpisah dari beras asli,” kata Adisam. 

3 dari 3 halaman

Di atas kertas

3. Letakkan di atas kertas 

Beras plastik dan beras asli akan terlihat berbeda saat bulir beras dipilah satu per satu di atas kertas putih. Beras asli akan sedikit berkapur karena mengandung protein. Sementara beras yang bukan beras asli akan berbentuk tidak natural, langsung terpotong kecil-kecil dan tak berkapur saat dipecah. Warnanya pun cenderung lebih bening. 

 

Bulir beras dalam lingkaran hijau diduga mengandung plastik. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.