Sukses

Jangan Gunakan Sabun untuk Bersihkan Miss V

Sabun tidak boleh digunakan di area pribadi seperti vagina.

Liputan6.com, Jakarta - Sabun dan sampo digunakan untuk membuat tubuh kita bersih dan sehat. Meski begitu, sabun tidak boleh digunakan di area pribadi seperti vagina.

Sejumlah ahli kesehatan dan kecantikan menganjurkan kita untuk menggunakan air saja saat membersihkan vagina. Selain itu, tidak dianjurkan juga menggunakan bedak untuk menjaga vagina tetap bersih. Berikut alasan kenapa sabun tidak boleh digunakan untuk membersihkan vagina, dikutip Boldsky pada Jumat (22/5/2015)

1. Sebum

Tubuh memiliki minyak alami yang dapat membersihkan area vagina. Justru ketika vagina dibersihkan menggunakan sabun, perlindungan alami tubuh terhadap organisme mikro tertentu akan rusak.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kering

2. Kering

Jika menggunakan sabun untuk mencuci vagina, apalagi jika dilakukan setiap hari, daerah mukosa pada vagina menjadi kering. Kondisi ini dapat menyebabkan komplikasi lebih lanjut, seperti peradangan dan anal fussures.

3. Air

Daripada menggunakan sabun, lebih baik campur satu sendok teh garam dalam air hangat dan gunakan untuk menyuci daerah vagina.

4. Jangan digunakan pada anak-anak

Tidak dianjurkan juga menggunakan sabun untuk membersihkan area intim seorang anak. Lebih baik bicarakan pada dokter kulit, bagaimana cara menjaga area pribadi itu tetap bersih dan sehat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini