Sukses

5 Cerita Aneh Pasien Pasca Koma

Sejumlah orang yang bangun dari koma, masing-masing memiliki kepribadian yang berbeda

Liputan6.com, Jakarta Memulihkan cedera otak serius mungkin tidak selalu mudah. Sejumlah orang yang bangun dari koma, masing-masing memiliki kepribadian yang berbeda seperti kemampuan bahasa yang tidak pernah mereka pelajari sebelumnya. (Baca juga: Kisah Satu Tahun Schumacher Berjuang Lawan Koma)

Simak ulasan keanehan pasien pasca koma, seperti dikutip Newser, Jumat (22/5/2015):

1. Menganggap artis

Setelah mengalami kecelakaan mobil pada 2012, Rory Curtis, seorang pria 25 tahun di Inggris, terbangun dari koma enam hari. Dia percaya, dirinya adalah aktor Matthew McConaughey.

"Aku tidak ingat yang terjadi. Tapi ketika bercermin, saya berpikir saya adalah Matthew McConaughey. Saya terlihat keren dan berharap ini nyata," katanya.

Curtis meninggalkan rumah sakit pada November 2012. Karena Rory masih menganggap bintang Hollywood besar, dia masih melakukan rehabilitasi dan mengonsumsi sejumlah obat untuk cedera otak.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bahasa mandarin

2. Bisa bahasa mandarin

Setelah bangun dari koma karena kecelakaan mobil, Ben McMahon jadi fasih bicara Mandarin. Memang dia pernah belajar bahasa mandarin, tapi jauh dari fasih.

Dengan kemampuan barunya ini, dia pindah ke Shanghai dan menjadi presenter acara TV Cina.

3. Balita minum alkohol dan merokok

Lima hari dalam keadaan koma membuat gadis asal Cina (3) memiliki kebiasaan seperti orangtua. Ya Wen adalah balita yang normal sebelum ditabrak mobil. Namun pada 2010, setelah terbangun dari koma, ibunya kaget karena anaknya mencuri rokok dan minum tiga gelas bir.

3 dari 3 halaman

Pecandu seks



3. Jadi pecandu seks

Seorang kakek asal Swiss, Angelo De Luca (81) dilaporkan berubah menjadi seorang pecandu seks setelah jatuh dari pohon dan koma empat hari. 

Menurut anaknya, Daniele, kakeknya sering menghabiskan lebih dari $ 4.000 untuk bercinta di rumah bordil setelah pulih dari koma. Daniele menduga, koma membuat fungsi otak kakeknya berubah.

4. Fasih bahasa Jerman

Seorang gadis 13 tahun di Kroasia tiba-tiba bicara bahasa Jerman setelah 24 jam koma. Kabarnya, gadis itu pernah mengambil pelajaran dasar dalam bahasa Jerman tapi masih tingkat pemula. Namun kini dia fasih bicara Jerman.


5. Jadi remaja lagi

Sarah Thomson bangun dari koma setelah koma selama 10 hari pada 2012. Namun saat sadar, dia merasa berumur 19 tahun, padahal usianya 32 tahun dengan tiga anak.

Thomson bahkan tidak ingat kenangan pribadi seperti menikahi suaminya, memiliki anak dan kejadian sebelum berusia 19 tahun. "Saya tidak tahu siapa anak-anak itu, saya pikir mereka orang lain," katanya.

Baca juga: Kena stroke, Perempuan Tiongkok jadi Fasih Bahasa Inggris

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.