Sukses

Jomblo Juga Bisa Bahagia?

Lebih baik jomblo atau menikah untuk mendapatkan kebahagiaan?

Liputan6.com, Jakarta Kenapa orang harus menikah, apa untungnya menikah, atau seberapa penting pernikahan dan apakah dengan menikah akan bahagia. Semua ini mungkin pernah Anda pertanyakan. Lantas apa harus menikah dulu baru bahagia?

Psikolog Seksual Zoya Amirin memiliki jawaban menarik. Menurutnya, ada banyak penelitian yang mengungkapkan apakah pernikahan menciptakan kebahagiaan. Salah satu penelitian terbaru pada 2014 justru menunjukkan, mereka yang jomblo di Jakarta, tingkat kebahagiaannya tidak jauh berbeda dengan orang yang sudah menikah.

"Seberapa penting kebahagiaan dalam pernikahan? Pernikahan adalah perjanjian antara manusia di mana ada undang-undang hukum yang mengatur masalah cinta dan komitmen. Namun menjadi bahagia belum tentu harus bersama seseorang," kata Zoya untuk Sexpedia-Liputan6.com, Jumat (22/5/2015).

Zoya menerangkan, keputusan untuk menikah atau jomblo adalah hak masing-masing individu. "Saya banyak menemukan orang yang menikah berharap single, sebaliknya yang single ingin menikah, dan ada yang ingin selalu sendiri dan tetap bahagia. Artinya kebahagiaan itu tergantung dari bagaimana Anda mendefinisikan."

"Bagi Anda yang ingin menikah, itu hak Anda. Jika belum bisa membahagiakan diri sendiri bagaimana mau membahagiakan orang lain. Di sisi lain, Anda yang tidak ingin menikah juga nggak ada salahnya. Namun ketahuilah bahwa hati dan perasaan bisa berubah," tukas Zoya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini