Sukses

Mahasiswi Ini Nyaris Buta Usai Mata Dimakan Parasit

Seorang mahasiswa Inggris 18 tahun hampir buta setelah bola matanya membengkak hingga seukuran bola golf

Liputan6.com, London Seorang mahasiswa Inggris 18 tahun hampir buta setelah bola matanya membengkak hingga seukuran bola golf. Setelah memeriksakan diri ke dokter, ternyata kornea mata Jessica Greaney dimakan parasit.

Womenshealthmag, Jumat (22/5/2015) melaporkan, menurut diagnosa dokter, ada parasit Acanthamoeba keratitis memakan kornea matanya. Dia kemudian harus memberikan obat berupa tetes mata untuk membunuh parasit. Obat itu diberikan setiap 10 menit selama tujuh hari.

"Saya tidak bisa tidur lama karena harus meneteskan obat mata. Setelah empat hari, tidak ada yang berubah," katanya.
Beruntung, kondisi Jessica membaik setelah seminggu. Dia diijinkan pulang walaupun harus menggunakan tetes mata sampai bengkak dan kemerahannya berkurang.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) mengingatkan masyarakat dunia untuk lebih berhati-hati dalam menggunakan lensa kontak. Kontaminasi dari tanah, air tawar, dan air laut bisa menyebabkan kebutaan, lumpuh atau bahkan meninggal dunia.

"Hindari menyimpan kontak lensa di dekat wastafel dan pastikan Anda menyimpannya di salah satu wadah plastik kecil yang bersih," kata Jessica.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.