Sukses

3 Trik Atasi Keinginan Makan Banyak Saat Pramenstruasi

Untuk mengendalikan emosi ini ternyata ada cara mudah mengatasinya.

Liputan6.com, Jakarta Anda mungkin pernah mendengar istilah 'emotional eating', emosi negatif yang sering dialami wanita saat pramenstruasi (PMS)? Jika iya, inilah masalahnya.

Tenang, untuk mengendalikan emosi ini ternyata ada cara mudah mengatasi hal tersebut. Simak ulasannya, seperti dikutip MSN, Kamis (21/5/2015):

1. Ketika Anda membuka lemari es, tanya diri sendiri `Apakah Anda benar-benar lapar?`

Oke, ini adalah motivasi diri, setidaknya untuk menghidari camilan tak sehat. Pikirkan jika Anda memang tidak benar-benar lapar dan berjalan pergi.

2. Hindari makanan ringan

Jika Anda sulit mengendalikan emosi makan, Anda bisa mencoba mengganti makanan ringan dengan buah. Sebagian Anda mungkin paham kalau makanan ringan dapat meningkatkan kadar hormon stres kortisol. Jika Anda membutuhkan camilan asin, mungkin Anda bisa beralih ke kacang-kacangan yang lebih sehat.

3.  Pilih makanan yang melawan stres

Satu hal ini biasanya menjadi hal yang mudah dilakukan. Anda tahu kan manfaat teh? Ya, selain mengandung antioksidan, teh hijau, teh matcha dan teh putih mengandung asam amino yang disebut L-theanine yang dapat membantu mengurangi tingkat stres dan emosi makan Anda.

Selain itu, konsumsi salmon atau ikan lain yang kaya asam lemak omega-3 juga dapat meringankan stres dan cepat mengenyangkan.

Solusi lainnya adalah mengonsumsi dark chocolate (setidaknya pilih yang 70 persen kakao), biji-bijian, kacang-kacangan, kacang-kacangan. Makanan ini adalah trik untuk menghindari makan keripik yang tinggi kalori.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.