Sukses

Resep Mudah Atasi Stres Akibat Macet Ibukota

Pakar Holistik, Reza Gunawan memberikan tips untuk mencegah stres

Liputan6.com, Jakarta Dalam survei Jakarta Profesional Health Index 2015 menemukan, lebih dari setengah pekerja di Jakarta menghabiskan waktunya di perjalanan pulang-pergi kantor. Macet yang sulit diprediksi bahkan kerap menjadi pemicu stres paling tinggi di Ibukota.

Padahal, kita ketahui kalau stres merupakan sumber penyakit yang memengaruhi kesehatan fisik dan pikiran."Pertama-tama kita harus meminimalisir pemicunya, misalnya kejebak macet dan tidak ada jalan lain. Kemudian kita cari solusinya dan siapkan cara untuk menyehatkan pikiran."

Untuk itu, pakar Holistik, Reza Gunawan memberikan tips untuk mencegah stres, sebagai berikut:

Berhenti sejenak, (lebih baik pejamkan mata) hirup napas, rasakan ke dalam diri, dan hembuskan dengan lembut/panjang/rileks. Ulangi lagi beberapa kali dan amati pikiran, perasaan dan tubuh Anda sekarang.

Latihan sederhana ini biasanya akan menghadirkan rasa lebih tenang, lebih nyaman, lebih rileks, dan lebih lega. Dan ingat bahwa ini bisa kita lakukan kapan saja, di mana saja, tanpa perlu biaya, alat bantu, izin orang lain, maupun kondisi khusus. Sekadar berhenti dan bernapas.

"Saat terjebak macet, rasakan tubuh Anda dari kepala sampai kaki, hirup napas yang dalam dan hembuskan sambil mengeluarkan suara `Aaah..`," katanya di sela-sela acara `Jakarta Health Week 2015`, Jakarta, Rabu (20/5/2015).

Reza menambahkan, perasaan lega, lapang dan ikhlas memiliki bunyi, tahukah Anda bagaimana terdengarnya? Ya, itulah sebabnya kebanyakan orang mengeluarkan suara `Aaahh`.

"Bunyi yang secara natural kita bunyikan baik ketika sedang lega, maupun sedang mengalami kenikmatan panca indera, memang salah satu kunci sederhana dalam bernapas. Cobalah bernapas beberapa kali dengan menghirup napas lembut dari hidung, dan hembuskan napas berbarengan dengan bunyi `Aaaaaaaaaaaaahhh…`. Upayakan napas keluar lebih panjang daripada napas masuk, dan ulangi hingga 1-3 menit. Tidakkah Anda merasa lebih tenang dan lega?" pungkasnya. 

Nah, Anda belum sampai ke kantor karena terjebak macet? Yuk, kita coba praktekkan tipsnya!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.