Sukses

Jalan Kaki 30 Menit Sebelum Makan Siang Bantu Tubuh Sehat

Beberapa gerakan sederhana seperti jalan kaki misalnya selama 30 menit saja ternyata dapat membuat tubuh lebih bugar.

Liputan6.com, Jakarta Jangan bayangkan aktivitas fisik yang berat jika ingin sehat. Sebab beberapa gerakan sederhana seperti jalan kaki selama 30 menit saja ternyata dapat membuat tubuh lebih bugar.

Seperti disampaikan dokter spesialis gizi klinik dari RS Cipto Mangunkusumo, Inge Permadi, bahwa ada empat hal sederhana dalam menjalankan pola sehat. Pertama, pola makan sehat, mengelola stres, aktivitas yang cukup dan istirahat yang sehat. Biasanya, yang paling sulit atau jarang dilakukan adalah aktivitas fisik ini.

"Kita hanya butuh 150 menit dalam seminggu. Artinya dalam 5 hari hanya 30 menit. Tidak perlu naik turun tangga, cukup jalan kaki sebelum makan siang untuk menjaga kebugaran," katanya.

Di sisi lain, dokter spesialis kedokteran olahraga, Michael Triangto mengatakan, aktivitas fisik atau olahraga sebenarnya bukan hanya menjaga kesehatan tubuh. Lebih dari itu, olahraga bermanfaat untuk memperbaiki mood, meningkatkan daya ingat, dan meningkatkan kesehatan otak.

Michael menyontohkan beberapa gerakan yang bisa diterapkan di kantor. Misalnya sit up dengan posisi berdiri dan menggunakan kursi sebagai tumpuan. Kemudian jika Anda ingin mengecilkan otot lengan, bisa melakukan olahraga dengan cara duduk di ujung kursi dan kedua lengan di samping Anda. Setelah itu angkat tubuh Anda. Dan latihan ketiga bisa dilakukan dengan mengangkat kedua kaki dengan posisi lengan disamping kursi.

"Jalan kaki 20 menit dan ditambah latihan ini, saya rasa cukup membuat Anda bugar jika Anda bukan Atlet," pungkasnya di sela-sela acara `Jakarta Health Week 2015`, Rabu (20/5/2015).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini