Sukses

Orangtua Tak Perlu Khawatir Saat Anak Aktif Bergerak

Biasakan seorang anak melakukan aktivitas gerak selama 60 menit setiap hari.

Liputan6.com, Jakarta Salah satu tugas utama orangtua adalah mendukung buah hati agar terus bergerak aktif, bukan malah khawatir saat tahu anaknya berkeringat dan kelelahan usai melakukan banyak aktivitas gerak di luar rumah.

"Biasakan seorang anak melakukan aktivitas gerak selama 60 menit setiap hari. Sebagai orangtua, jangan pernah melarang mereka untuk melakukan itu, karena rutin melakukan aktivitas gerak baik bagi si anak," kata Dr Andi Kurniawan, SpKO.

Dalam diskusi `Indonesia SeGar: Bangun Generasi yang Brrrgerak!`Technical Expert Team Indonesia SeGar menjelaskan, ketika orangtua membiarkan si anak melakukan aktivitas gerak, sama saja membantu meningkatkan fungsi kognitif mereka.

"Ketika fungsi kognitif bekerja dengan sangat baik, prestasi akademis si anak pun akan lebih baik juga," kata Andi menambahkan.

Lebih lanjut, saat seorang anak aktif bergerak, oksigenasi otak meningkat yang membuat mereka lebih berkonsentrasi. Selain itu, lanjut Andi, orangtua juga harus tahu kalau anak yang aktif memiliki kepercayaan diri yang bagus pula. 

 

Baca juga

Aktif 60 Menit Setiap Hari Membuat Anak Jadi Pintar

Lebih dari Separuh Anak Indonesia Kurang Bermain

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini