Sukses

5 Kepribadian Seseorang Dilihat dari Jenis Musik Favorit

Melihat kepribadian seseorang dari jenis musik favoritnya

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah penelitian menyebut musik bisa dijadikan alat untuk mendeteksi karakter seseorang. Menurut mereka, musik memiliki kaitan erat dengan kepribadian pendengarnya. Misalnya, lagu-lagu sedih dan cengeng kerap dikaitkan dengan suasana hati yang galau. Tapi, tak berarti semua orang yang galau senang mendengarkan lagu sedih atau mellow.

Dengan melibatkan 36.000 orang dari 60 negara dengan selera musik berbeda, psikolog musik sekaligus peneliti dari Heriot-Watt University, Edinburgh, Inggris, Profesor Adrian North menemukan musik dapat menggambarkan bagaimana perilaku penikmatnya. Bahkan, Adrian menemukan adanya hubungan antara musik pop dan perilaku menyimpang pada remaja.

Anda boleh percaya atau tidak, yang jelas inilah daftar jenis-jenis musik dan kepribadiannya, dikutip dari situs Psychcentral, Rabu (20/5/2015).

1. Blues

Apakah Anda penikmat alunan merdu petikan gitar Eric Clapton? Atau mungkin BB King dan Jimmy Reed? Jika iya, selamat!

Kabarnya, orang yang senang musik jenis blues memiliki harga diri yang tinggi, kreatif, berani (gentleman), dan tenang.

2. Jazz

Setiap tahun tak pernah ketinggalan menyaksikan pagelaran Java Jazz, berarti Anda tergolong orang yang kreatif dan mampu menghargai diri sendiri.

3. Klasik

Profesor Adrian North mengatakan, penggemar musik klasik macam Mozart, tergolong individu yang memiliki harga diri tinggi, kreatif, dan introvert.

4. Rap

Jika Anda mengidolakan sosok Iwa K atau Saykoji, berarti Anda masuk ke dalam perkumpulan orang-orang dengan harga diri tinggi dan outgoing.

5. Opera

Anda menyukai musik opera? Artinya Anda memiliki harga diri yang tinggi, kreatif, dan lembut. 

 

Baca juga

Membaca Kepribadian Berdasar Bentuk Alis 

Menerka Kepribadian Seseorang dari Bentuk Kaki

Mengenal Kepribadian Lewat Huruf T, I, dan O

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.