Sukses

Saat Flu, Perbanyak Makan Tahu Tempe

Menurut pakar gizi, mengonsumsi lebih banyak protein dapat membantu pemulihan tubuh lebih cepat.

Liputan6.com, Jakarta Sangat penting menjaga makan dan minum saat flu. Jika Anda pernah mendengar ibu mengatakan banyak makan agar cepat sembuh, ternyata istilah ini tidak sepenuhnya keliru. Menurut pakar gizi, mengonsumsi lebih banyak protein seperti tahu dan tempe dapat membantu pemulihan tubuh lebih cepat. (Baca: Makanan yang boleh dan tidak dikonsumsi saat flu)

Dokter spesialis gizi klinik dari RS Cipto Mangunkusumo, Inge Permadi menjelaskan, mengonsumsi protein dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan membentuk antibodi sebagai bagian dari hormon.

"Saya akan menyarankan orang untuk mengonsumsi protein saat dia sedang flu. Sumber protein hewani bisa didapat dari putih telur, ayam tanpa kulit, daging kurus (daging tanpa lemak), ikan, susu skim. Sedangkan sumber protein nabati seperti tahu, tempe dan kacang-kacangan," kata Inge di sela-sela `Jakarta Health Week 2015` di Senayan City, ditulis Rabu (20/5/2015).

Selain protein, Inge juga menyarankan untuk konsumsi 6 porsi buah serta 3 porsi sayur setiap hari. "Dalam 1 hari, per 1000 kalori kita harus dapat 14 gram serat. Atur jadwal makan dengan baik, pagi, siang dan malam sambil diselingi camilan buah," katanya. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini