Sukses

Berapa Panjang Bulu Mata yang Ideal?

Bulu mata yang terlalu panjang ternyata memiliki dampak kurang baik bagi mata.

Liputan6.com, Jakarta Memiliki bulu mata panjang dan lentik tentu jadi impian setiap wanita. Tapi tahukah Anda berapa ukuran panjang bulu mata yang ideal?

Panjang ideal bulu mata adalah satu per tiga dari lebar mata Anda. Setidaknya begitulah fakta yang ditemukan oleh para peneliti dari Georgia Institute of Technology, seperti dilansir dari Realsimple, Rabu (20/5/2015).

Para peneliti tersebut menggumpulkan 22 spesies mamalia yang terdiri dari manusia hingga landak untuk menentukan panjang optimal bulu mata yang dapat mencegah kekeringan dan melindungi mata dari gangguan partikel kecil lainnya. 

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam The Royal Society ini, bulu mata panjang dan tebal justru berbahaya bagi mata. Bahkan penggunaan bulu mata palsu pun bisa memengaruhi kesehatan mata. 

Khusus untuk penelitian ini, para peneliti menciptakan sebuah mesin replika mata orang dewasa yang dilengkapi hembusan udara. Ketika bulu mata semakin panjang, kondisi tersebut menciptakan efek silinder di atas kornea dan udara yang berhembus ke arah mata semakin cepat, membawa debu dan menyebabkan mata kering. Sebaliknya, bulu mata yang lebih pendek tidak mengalami kondisi tersebut. 

"Meski panjang bulu mata Anda tidak ideal, memiliki bulu mata yang sedikit tebal tetap lebih baik ketimbang bulu mata jarang," kata peneliti Alexander Alexeev. 

 

Baca juga:

Awas, Bahaya Pakai Bulu Mata Palsu

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini