Sukses

Peneliti Jerman Temukan Cara Bedakan Eksim dan Psoriasis

Baru-baru ini peneliti Jerman telah telah mengembangkan sebuah tes sederhana yang membedakan antara eksim dan psoriasis

Liputan6.com, Jakarta Pernahkah Anda bingung membedakan antara eksim dan psoriasis? Kedua penyakit kulit ini tampak serupa dan cenderung sulit untuk membedakannya.

Beruntung, menurut sebuah studi yang diterbitkan dalam Science Transactional Medicine, baru-baru ini peneliti Jerman telah telah mengembangkan sebuah tes sederhana yang membedakan antara keduanya.

Oleh karena kedua penyakit kulit ini tampak nyaris sama, para dermatolog di masa lalu harus membuat diagnosis berdasarkan insting dan sampel kulit pasien. Para peneliti dari Helmholtz Zentrum Munchen dan Technical Universiry of Munich berpendapat bahwa cara tersebut tidak cukup.

"Diagnosis yang tepat amat penting, karena beberapa obat di pasaran hanya mengobati satu dari dua penyakit tersebut," kata Kilian Eyerich, PhD, penulis studi dan profesor di Helmholtz Zentrum Munchen. 

Peneliti mengumpulkan 24 responden yang memiliki masalah psoriaris dan eksim dan menganalisis kondisi mereka pada tingkat molekul. Hasilnya, peneliti mampu mengidentifikasi dua gen yang membedakan masalah kulit tersebut. Mereka kemudian mengembangkan tes berdasarkan gen. 

Kabar baiknya, para peneliti dimungkinkan dapat membuat alat untuk mengetes eksim maupun psoriasis. Penemuan ini tentunya akan sangat bermanfaat untuk menanggulangi masalah inflamasi kulit di masa depan. 

"Segera setelah para peniliti mendapat data yang cukup, akan sangat mungkin untuk menentukan terapi optimal untuk setiap pasien berdasarkan kecenderungan molekul gennya," tandas Kilian, seperti dilansir dari laman Prevention, Rabu (20/05/2015).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini