Sukses

Zumba vs Salsa, Mana yang Lebih Bikin Bugar?

Aktivitas fisik dan pembakaran kalori lebih banyak saat berlatih Zumba.

Liputan6.com, London- Kedua olah tubuh yang melibatkan gerakan tari ini sama-sama terasa menyenangkan untuk dilakukan. Bedanya gerakan Zumba lebih efektif membuat seseorang bugar dan sehat dibandingkan menari salsa.

Fakta ini ditemukan dalam studi yang dilakukan peneliti dari Kingston University dan University of West of Scotland. Peneliti meminta bantuan partisipan berusia 22-56 yang gemar berolahraga seminggu sekali untuk berolahraga di kelas salsa dan Zumba.

Salsa merupakan tarian asal Amerika Latin yang dilakukan berpasangan, sedangkan Zumba merupakan olahraga intensitas tinggi yang terinspirasi tarian Amerika Latin.

Para partisipan yang terlibat dalam penelitian diminta untuk memakai alat monitor di dada dan gelang selama sesi. Ternyata aktivitas fisik dan pembakaran kalori lebih banyak saat berlatih Zumba seperti dilansir Daily Mail, Selasa (19/5/2015).

Namun, bukan berarti tarian salsa tidak bermanfaat. Salsa juga dapat membantu para wanita untuk menurunkan berat badan atau pun menjaga bentuk tubuh. Lalu, kedua tarian ini diyakini dapat memberi manfaat perbaikan kesejahteraan psikologis bagi mereka yang rutin melakukan Zumba maupun salsa.

 

Baca:

5 Selebriti Seksi yang Sehat Karena Rutin Zumba

'Zumba Dance' Cepat Turunkan Berat Badan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini