Sukses

Sebagian Ibu Akui Memiliki Anak Membuat Stres

Kekhawatiran mengenai uang serta menyeimbangkan antara bekerja dan rumah tangga bisa membuat ibu stres.

Liputan6.com, New York- Memiliki anak pastinya merupakan sebuah kebahagiaan bagi para ibu. Namun, sebuah survei menunjukkan bahwa memiliki anak juga bisa memicu stres pada ibu.  

Menurut survei TODAYMoms.com yang dilakukan pada sekitar 7000 ibu di Amerika serikat, rata-rata ibu merasakan tingkat stres di level 8,5 dari skala 1-10. Kekhawatiran mengenai uang serta menyeimbangkan antara bekerja dan rumah tangga bisa membuat ibu stres.

Selain itu, masih ada beberapa penyebab ibu mengalami stres berdasarkan penelitian ini:

  • 46 persen ibu mengatakan suami mereka bisa menjadi penyebab stres dibandingkan anak-anak
  • 72 persen ibu stres memikirkan stres yang mereka alami
  • 60 persen ibu merasa lebih stres membesarkan anak perempuan dibandingkan anak laki-laki
  • 9 dari 10 ibu stres tentang bagaimana agar tetap tampil fit dan menarik.

Menanggapi hasil penelitian ini, psikiater asal New York, Janet Taylor mengatakan hal ini memang biasa ia lihat dalam kesehariannya. Ketika ibu tidak memiliki waktu untuk mengurus dirinya sendiri bisa jadi membuatnya stres.

"Bahkan menjadi ibu tidak sempat untuk mengurus kebutuhan sendiri," tambah Janet.

Agar tidak stres, Janet merekomendasikan para ibu untuk setiap hari menggambar daftar pekerjaan apa yang akan dilakukan. Tidak lupa selipkan pula waktu untuk melakukan hal-hal yang disukai seperti dilansir laman Today, Selasa (19/5/2015).

Para ibu akan lebih mudah mengatasi stres jika memiliki sedikit watu luang untuk diri sendiri. "Ambil waktu 10 menit untuk berfokus pada diri sendiri," terang Janet.

 

Baca juga:

Manfaat Dahsyat Bila Ibu Bisa Kelola Stres

Pelukan dan Senyuman Anak Obat Manjur Ibu Stres

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.