Sukses

Kurangi Keinginan Merokok dengan Lada Hitam

Lada hitam, manfaatnya tak sekedar jadi bumbu.

Liputan6.com, New York- Biasa ada di dapur sebagai bumbu masakan, ternyata manfaat lada hitam bisa di lebih dari itu. Bahkan, khasiatnya bagi kesehatan pun tak terduga.

Mulai dari mengatasi batuk hingga mengurangi keinginan untuk merokok. Berikut manfaat lain lada hitam seperti dilansir Reader's Digest, Senin (18/5/2015).

1. Meredakan batuk basah
Masyarakatn New England dan Tiongkok biasa menenangkan batuk berdahak dengan secangkir teh yang berisi lada hitam dan madu. Lada merangsang sirkulasi lendir, madu merupakan pereda batuk alami dan antiobiotik ringan.
Caranya, tambahkan satu sendok teh lada hitam dan dua sendok makan madu ke dalam secangkir berisi air.

2. Meredakan hidung tersumbat
Lada adalah dekongestan alami yang bisa melancarkan hidung tersumbat. Caranya, tambahkan lima tetes minyak lada hitam dengan sedikit minyak kayu putih ke sedikit air mendidih. Hirup aroma yang dihasilkan untuk melegakan hidung tersumbat.

3. Meredakan otot sakit
Kendurkan otot-otot yang tegang setelah berolahraga dengan beban dengan memijat menggunakan minyak lada hitam. Minyak ini membantu meningkatkan sirkulasi darah sehingga membuat rileks otot-otot yang tegang.

4. Keinginan merokok berkurang
Sebuah studi tahun 2013 yang diterbitkan dalam Journal of Alternative and Complementary Medicine menemukan fakta ketika pengguna nikotin menghirup aroma minyak lada hitam, keinginannya untuk merokok berkurang.

Para peneliti menyarankan agar menuangkan satu tetes minyak lada hitam ke atas kapas ketika muncul keinginan untuk merokok datang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini