Sukses

8 Fakta Telinga yang Belum Anda Ketahui

Sebagai salah satu organ sensitif dari tubuh, indera ini juga ternyata berfungsi sebagai penyeimbang tubuh.

Liputan6.com, Jakarta Telinga pada umumnya berfungsi untuk mendengar. Namun sebagai salah satu organ sensitif dari tubuh, indra ini juga ternyata berfungsi sebagai penyeimbang tubuh.

Simak yuk fakta menarik tentang telinga, seperti dikutip Boldsky, Senin (18/5/2015):

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Fakta 1-3

1. Muncul suara saat menguap

Pernah mendengar suara 'klik' saat menguap? Ketika menguap, tuba eustachius menstabilkan tekanan di telinga tengah untuk melindungi organ dari tekanan udara.

2. Menyeimbangkan tubuh

Terdengar aneh mungkin bagi Anda bila telinga berfungsi menyeimbangkan tubuh. Nyatanya, telinga tidak hanya membantu mendengar, tetapi juga menciptakan keseimbangan dalam tubuh sehingga Anda dapat berdiri dengan benar dan tidak jatuh. Telinga juga menjaga keseimbangan kepala.

3. Tidak mendengar apapun saat tidur

Alasan Anda tidak mendengar saat tidur, adalah otak Anda sedang beristirahat dan menutup kemampuan telinga untuk mendengar. Jadi jangan khawatir akan hal ini karena ini adalah salah satu fakta keren tentang telinga. 

3 dari 3 halaman

Fakta 4-5

4. Bisa tuli

Ketika telinga sering terpapar bunyi keras atau lebih dari 86 desibel, Anda bisa mengalami ketulian. Volume suara normal untuk telinga adalah sekitar 60 desibel.

5. Sensasi aneh ketika berada di tempat tinggi

Ketika Anda bepergian ke dataran tinggi atau berada di pesawat udara, Anda tidak dapat berbicara dan mendengar dengan baik. Hal ini normal terjadi karena tuba eustachius tidak dapat menjaga keseimbangan tekanan tubuh. Sedikit tips bagi Anda yang harus bepergian naik pesawat saat flu, konsumsi permen karet mungkin akan membantu mencegah sakitnya telinga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini