Sukses

Kenapa Makanan di Pesawat Rasanya Kurang Enak?

Ada alasan ilmiah di balik rasa makanan di pesawat kurang nikmat.

Liputan6.com, Jakarta Sering merasakan tidak menu makanan di pesawat terbang itu rasanya kurang enak? Hal ini dirasakan hampir banyak orang dan ada alasan ilmiah di baliknya.

"Penelitian kami mengungkapkan bahwa lingkungan suara yang keras membuat pemahaman akan rasa jadi terganggu," terang asisten profesor ilmu makanan di Cornell University, Robin Dando.

Menurut Dando, kabin dalam pesawat adalah lingkungan tidak biasa. Sebenarnya makanan yang disajikan adalah makanan yang seperti biasa kita makan namun kebisingan ekstrem yang lebih dari 85 desibel membuat kualitas makanan berubah dalam persepsi penumpang pesawat.

"Indra-indra tubuh bisa merespon lingkungan tempat makan sehingga mengubah persepsi kita tentang makanan yang dimakan," tambah Dando seperti dilansir Daily Mail, Minggu (17/5/2015)

Untuk bisa mendapatkan hasil di atas, para peneliti meminta 48 peserta mengonsumsi lima makanan dengan kondisi seperti dalam kabin pesawat kemudian dibandingkan dalam keheningan.

Ternyata, tidak ada perbedaan antara rasa asin, asam, dan pahit. Namun dalam penilaian rasa manis ada perbedaan. Suara bising membuat rasa manis berubah tidak terlalu manis.

Penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Experimental Psychology: Human Perception and Performance, berharap bisa digunakan para maskapai penerbangan dalam membuat makanan yang sesuai dengan tempat yang bising seperti di pesawat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini