Sukses

Sering Kena Macet Menuju Kantor, Wanita Ini Kena Kanker Kulit

Kim Chilvers (54) didiagnosis terkena kanker kulit tahap awal di tahun 2013 karena sering terpapar matahari saat berangkat ke kantor.

Liputan6.com, Jakarta Betapa kagetnya Kim Chilvers (54) saat dokter mendiagnosisnya terkena kanker kulit tahap awal di tahun 2013. Ia merasa jarang berlibur di tempat-tempat yang panas. Namun kemudian ia ingat, paparan matahari sering ia dapatkan kala berangkat ke kantor.

"Saya berangkat ke kantor naik mobil pribadi setiap dua hingga tiga kali per minggu dengan keadaan sering terpapar matahari yang panas. Namun saya tidak menyadari bahwa hal ini bisa menyebabkan kanker kulit," terang Kim.

Kim memang tak terbiasa menggunakan tabir surya. Suhu sejuk di Inggris membuat Kim merasa tak perlu menggunakannya. Namun berkaca pada pengalamannya, ia mengingatkan pada semua orang sebagai bagian penting dalam kehidupan sehari-hari guna mencegah kanker kulit.

Awal Kim mulai menyadari ada yang aneh ketika tanda di wajahnya menjadi besar dan menghitam di tahun 2012. Kemudian ia pergi ke dokter, tapi dokter mengatakan tidak perlu khawatir.

Namun kondisi di pipi kanannya makin parah. Kembali ia mendatangi dokter kulit di tahun 2013. Setelah dlakukan biopsi, dua minggu kemudian diketahui bahwa dia terkena kankar kulit stadium awal.

"Menghilangkan tanda ini adalah satu-satunya cara. Aku tidak mengambil langkah lain, segera kulakukan hal ini," terangnya.

Kemudian ia menjalani prosedur pengangkatan kanker di pipinya. Meski awalnya takut, namun dukungan keluarga dan teman-teman membantunya tetap positif. Kini, kanker kulit Kim pun sudah diangkat. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini