Sukses

Cegah Asam Lambung, Hindari 11 Makanan Ini Sebelum Tidur

Orang yang memiliki masalah dengan asam lambung harus berhati-hati dengan makanan yang dikonsumsi terutama sebelum tidur.

Liputan6.com, Jakarta Orang yang memiliki masalah dengan asam lambung harus berhati-hati dengan makanan yang dikonsumsi terutama sebelum tidur. Makanan tidak tepat bisa menyebabkan asam lambung naik yang akan menimbulkan keluhan kesehatan.

"Satu-satunya faktor risiko terbesar yang menyebabkan masalah asam lambung adalah makan malam," terang dokter yang fokus menangani asam lambung, Jamie Koufman.

Asam lambung bisa naik ketika cincin otot yang disebut sfingter esofagus bagian bawah tidak sepenuhnya tertututup. Cincin otot ini akan membuka dan menutup ketika makanan masuk ke perut. 

Kala asam lambung naik akan menimbulkan masalah. Muncul sensasi terbakar di dada, susah bernapas, dan ketidaknyamanan perut. 

Oleh karena itu, Koufman mengingatkan agar tidak terjadi masalah dengan asam lambung hindari makanan dan minuman tertentu minimal empat jam sebelum tidur.

"Empat jam adalah waktu yang diperlukan agar perut kosong. Jika anda memiliki masalah asam lambung atau tidak ingin asam lambung naik Anda harus tidur dengan perut kosong," terang Koufman.

Berikut daftar makanan dan minuman yang dihindari sebelum tidur seperti dilansir Huffington Post, Sabtu (16/5/2015).

1. Alkohol

Alkohol melemaskan katup kerongkongan, sehingga bila Anda tidur asam lambung akan naik semalaman seperti diungkap Kaufman.

2. Minuman berkarbonasi

Hindari soft drink dan jus buah yang tinggi gula. Kedua jenis minuman ini mammpu meningkatkan jumlah asam lambung di perut.

3. Cokelat dan permen

Cokelat mampu memicu asam lambung naik pada malam hari.

4. Es krim

Kudapan relatif tinggi lemak bisa memicu masalah asam lambung.

5. Minuman berenergi

"Kandungan kafein yang tinggi melemaskan katup lambung sehingga asam lambung bisa naik," ungkap Koufman.

6. Kue manis

Kaya lemak dan gula, ini salah satu camilan buruk untuk dikonsumsi di malam hari.

7. Sandwich dan burger

Bisa mengendurkan kerongkongan serta lambat diproses di pencernaan. Koufman sarankan hindari makanan ini sejak pukul 9 malam.

8. Kacang-kacangan

Ini salah satu camilan sehat, namun hindari mengonsumsinya sebelum tidur karena memicu masalah asam lambung.

9. Sitrus dan apel

Kedua buah ini bersifat asam. "Meski hanya makan satu apel kecil sebelum tidur bisa menyebabkan masalah asam lambung," ungkap Koufman.

10. Pizza dan keju

Kedua makanan ini favorit banyak orang, namun ide buruk jika Anda mengonsumsi makanan ini di malam hari.

11. Kopi atau espresso

"Selain kafein yang dapat mengendurkan kerongkongan, kandungan lain di kopi bisa menyebabkan masalah asam lambung," terang Koufman. 

 

Baca juga

Asam Lambung Jangan Dianggap Remeh

Tokoh-tokoh Dunia Ini Didiagnosis Miliki Masalah Asam Lambung

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.