Sukses

Madu Bisa Jadi Alternatif Atasi Asam Lambung

Campuran air hangat dan madu bisa menjadi alternatif mengatasi asam lambung

Liputan6.com, Jakarta Anda memiliki asam lambung? Mungkin mencampurkan air hangat dan madu bisa menjadi alternatif mengatasinya. Menurut peneliti dari Columbia University, minuman ini baik bagi penderita asam lambung.

Seperti dikutip Livestrong, Jumat (15/5/2015) peneliti menilai madu bisa membantu refleks asam yang menyebabkan mulas dan membantu menenangkan iritasi di kerongkongan.

"Viskositas madu dapat membantu mengurangi gejala asam lambung. Madu sebagian besar mengandung gula alami yang telah digunakan sebagai obat selama ribuan tahun, terutama sebagai antibakteri," kata peneliti.

Dibanding susu, madu adalah cara efektif menenangkan lapisan lambung yang luka. Plus, karena memiliki sifat anti bakteri, madu juga mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melindungi lambung dan saluran cerna dari berbagai kuman berbahaya.

Kendati demikian, para ahli lain menilai penelitian lebih lanjut diperlukan mengingat efektivitas madu untuk asam lambung adalah madu manuka. Madu ini dari bunga manuka (Lepstospermum scoparium). Madu ini telah digunakan sebagai bahan terapi di New Zealand dan telah mendapatkan persetujuan dari US Federal Drug Administration pada 2007. 

 

Baca juga:

Cara Cegah Asam Lambung pada Ibu Hamil

5 Cara Mudah Obati Asam Lambung

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.