Sukses

Minyak Kanola Lebih Sehat Ketimbang Minyak Lainnya

ada minyak yang tak kalah memiliki manfaat kesehatan yaitu minyak kanola.

Liputan6.com, Jakarta Sebagian dari Anda mungkin telah mengetahui manfaat kesehatan dari minyak zaitun. Tapi selain itu, ada minyak yang tak kalah memiliki manfaat kesehatan yaitu minyak kanola.

Seperti disampaikan Dokter Gizi Klinik Departemen Ilmu Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Fiastuti Witjaksono, minyak kanola mungkin tak lazim di telinga Anda namun minyak ini termasuk lemak tak jenuh yang dapat membantu menurunkan kolesterol LDL, trigliserida dan membantu meningkatkan kolesterol HDL.

"Manfaat kesehatan dari minyak itu bisa kita dapatkan tergantung sumbernya. Mau menggunakan minyak kelapa yang tinggi lemak jenuh dan memicu penyakit atau kanola yang baik untuk kesehatan," kata Fiastuti saat ditemui wartawan di Jakarta, Rabu (13/5/2015).

Di sisi lain, Brand Manager Canola Oil Tropicana Slim, Noviana Halim, ST, MM mengatakan, minyak kanola merupakan salah satu minyak sehat karena rendah lemak jenuh dan mengandung  Omega-3 sehingga baik untuk jantung.

"Minyak kanola adalah minyak yang diekstrak dari biji bunga kanola yang diolah dan mengandung omega 3. Publikasi yang dikeluarkan British Journal of Nutrition menujukkan konsumsi omega-3 ini dapat melindungi jantung. Hal ini ditunjukkan dari penurunan risiko penyakit jantung dan kematian akibat serangan jantung," katanya.

Kendati demikian, untuk mendukung pola hidup sehat, masyarakat disarankan untuk mengganti proses menggoreng (deep frying) dengan proses masak yang lebih sehat. Mengolah makanan dengan proses menumis, memanggang, dan pan-frying menjadi opsi yang jauh lebih menyehatkan bila dibandingkan dengan menggoreng.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini